Thursday, August 18, 2016

FAKTA : TIRUS, SALAH SATU NUBUATAN ALKITAB MENAKJUBKAN YANG TELAH DIGENAPI

Senin, 26 November 2012

MEMBONGKAR FAKTA : TIRUS, SALAH SATU NUBUATAN ALKITAB MENAKJUBKAN YANG TELAH DIGENAPI



Salah satu Nubuatan yang paling menarik yang telah digenapi adalah Tirus. Dalam nubuatan Tentang Tirus, Injil menunjukan 28 tanda yang spesifik Tentang Tirus. Detail yang dikatakan Tuhan dalam injil sangat Spesifik, Hanya bisa dilakukan oleh mereka yang diberi pengetahuan tentang masa depan. Dan yang menakjubkan lagi adalah, kita yang di Zaman sekarang masih dapat mencari bukti ini dan menemukan, betapa Perkataan Allah benar adanya.
Mari Kita Lihat Nubuatan Allah tentang kota Tirus dalam Yeh 26:1-14:
Yehezkiel 26:1-14
26:1Pada tahun kesebelas, dalam bulan yang tertentu, pada tanggal satu bulan itu, datanglah firman TUHAN kepadaku:
26:2″Hai anak manusia, oleh karena Tirus berkata mengenai Yerusalem: Syukur! Sudah rusak pintu gerbang bangsa-bangsa itu; ia akan beralih kepadaku, sehingga aku menjadi penuh, tetapi ia menjadi reruntuhan.
26:3Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku menjadi lawanmu, hai Tirus. Aku akan menyuruh bangkit banyak bangsa melawan engkau, seperti lautan menimbulkan gelombang-gelombangnya.
26:4Mereka akan memusnahkan tembok-tembok Tirus dan meruntuhkan menara-menaranya, debu tanahnya akan Kubuang sampai bersih dari padanya dan akan Kujadikan dia gunung batu yang gundul.
26:5Ia akan menjadi penjemuran pukat di tengah lautan, sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH; ia akan menjadi jarahan bagi bangsa-bangsa.
26:6Dan anak-anaknya perempuan, yang tinggal di daratan akan ditewaskan dengan pedang. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
26:7Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membawa dari utara raja Nebukadnezar, raja Babel, raja segala raja untuk melawan Tirus dengan memakai kuda, kereta, pasukan berkuda, dan sekumpulan tentara yang banyak.
26:8Anak-anakmu perempuan yang tinggal di daratan akan dibunuhnya dengan pedang; ia akan menimbun tembok pengepungan dan menyusun alat-alat pendobrak dan memasang perisai melawan engkau.
26:9Tumbukan alat pendobraknya akan dilancarkan terhadap tembok-tembokmu dan menara-menaramu akan dirobohkan dengan beliung-beliungnya.
26:10Kudanya adalah begitu banyak, sehingga engkau akan ditutupi oleh abu; karena derap pasukan berkudanya dan kertak roda keretanya tembok-tembokmu akan gemetar, kalau ia memasuki pintu-pintu gerbangmu seperti orang memasuki kota yang sudah terbuka karena pendobrakan.
26:11Dengan kaki kuda-kudanya ia hendak menginjak-injak semua jalan-jalanmu, rakyatmu akan dibunuh dengan pedang, dan tugu-tugu yang kau andalkan akan dirobohkan ke tanah.
26:12Mereka akan merampas kekayaanmu dan menjarah barang-barang perniagaanmu; mereka akan meruntuhkan tembok-tembokmu dan merobohkan rumah-rumahmu yang indah; batumu, kayumu dan tanahmu akan dibuang ke dalam air.
26:13Aku akan mengakhiri keramaian nyanyianmu dan suara kecapimu tidak akan kedengaran lagi.
26:14Aku akan menjadikan engkau gunung batu yang gundul dan dengan demikian engkau akan menjadi penjemuran pukat, sehingga engkau tidak akan dibangun kembali, sebab Aku, Tuhanlah yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Berikut ini 28 Prediksi atau tentang Nubuatan Tentang Tirus yang dikatakan Allah dalam Yehezkiel 26:1-14 diatas:
1. Aku akan membawa banyak bangsa untuk melawanmu, seperti Gelombang laut menabrak garis pantai mu.
2. Mereka akan menghancurkan Tembok kota tirus
3. Dan meruntuhkan Menaramu
4. debu tanahnya akan Kubuang sampai bersih dari padanya
5. Pulau Tirus tidakakan di huni lagi
6. Ia akan menjadi penjemuran pukat di tengah lautan, sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH
7. Ia akan menjadi Jajahan banyak bangsa
8. yang tinggal di daratan akan ditewaskan dengan pedang. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN
9. Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH
10. Aku membawa dari utara raja Nebukadnezar, raja Babel, raja segala raja untuk melawan Tirus dengan memakai kuda, kereta, pasukan berkuda, dan sekumpulan tentara yang banyak.
11. Perempuan yang tinggal di daratan akan dibunuhnya dengan pedang
12. ia akan menimbun tembok pengepungan
13. menyusun alat-alat pendobrak
14. memasang perisai melawan engkau
15. alat pendobraknya akan dilancarkan terhadap tembok-tembokmu
16. menara-menaramu akan dirobohkan
17. Kudanya adalah begitu banyak, sehingga engkau akan ditutupi oleh abu; karena derap pasukan berkudanya dan kertak roda keretanya tembok-tembokmu akan gemetar, kalau ia memasuki pintu-pintu gerbangmu seperti orang memasuki kota yang sudah terbuka karena pendobrakan
18. Penunggang kudanya akan melewati jalanan kotamu.
19. rakyatmu akan dibunuh dengan pedang
20. tugu-tugu yang kau andalkan akan dirobohkan ke tanah
21. merampas kekayaanmu dan menjarah barang-barang perniagaanmu
22. akan meruntuhkan tembok-tembokmu
23. merobohkan rumah-rumahmu yang indah
24. batumu, kayumu dan tanahmu akan dibuang ke dalam air
25. Aku akan mengakhiri keramaian nyanyianmu dan suara kecapimu tidak akan kedengaran lagi.
26. Aku akan menjadikan engkau gunung batu yang gundul
27. akan menjadi penjemuran pukat
28. engkau tidak akan dibangun kembali
Tirus dan Israel adalah patner selama Pemerintahan raja Daud sebagai mitra Pelayaran dengan berbagai Pernak-pernik sebagai barang dagangan mereka. Tirus dan israel pada masa itu tidak terjadi kompetisi tetapi bekerjasana dengan saling menguntungkan satu sama lain. Seperti janji Tuhan kepada Abraham:
“…..Aku akan mengutuk bangsa yang mengutuk engkau dan memberkati, yang memerkati Engkau…” 

Kira-kira seperti itu Tirus menjadi maju. Bangsa yang mendiami Tirus adalah bangsa Fenesia dan tirus adalah kota Terkaya pada masa itu juga kota Pelabuhan yang sangat berkuasa didunia Keterangan tentang kekayaan dan kemakmuran kota ini dapat dilihat pada Yeh 27:1-25 dan Yes 23:3, 8, 11 

Meskipun berjaya dan karena kesombongannya dan kota tersebut bersuka cita atas kejatuhan kota Yerusalem dalam Yeh 26:2-3, Nabi Tuhan Yehezkiel menulis tentang kehancuran kota ini. Sejarah menunjukkan Nubuatan digenapi dalam dua tahap: Pertama oleh Nebukadnezar dari babel dan 250 tahun kemudian oleh Alexander the great dari Yunani.

Setelah pengepungan yang melelahkan selama 13 Tahun. Nebukadnezar menaklukkan dan membinasakan kota itu. Namun Nebukadnezar tidak mendapat apa sebagai jarahan karena penguasa Tirus memindahkan kekayaan mereka ke suatu pulau yang berjarak 700-800 meter kearah laut Mediterania. Namun Tuhan tidak melupakan Jasa Nebukadnezar yang telah melakukan Kampanye Perang melawan kota-kota yang dinubuatkan Allah akan dihancurkan seperti Tirus, Sidon dan Mesir. Tuhan kemudian memberikan Mesir sebagai hadiah untuk Nebukadnezar dalam Yeh 29:17-21 dimana Nebukadnezar mengangkut kekayaan bangsa mesir. Nebukadnezar tidak membuang debunya kelaut seperti Nubuatan Allah Yeh 28: 18-20.

250 tahun berikutnya reruntuhan dari daratan tirus itu dibiarkan begitu saja – menjadi suatu tantangan bagi ketepatan nubuatan Firman Allah. Pada waktu bersamaan suatu kota baru yang berjaya sedang bertumbuh dikota itu, yang jaraknya 700-800 meter dari pantai bekas reruntuhan kota tirus yang lama.


Kemudian Alexander agung dengan tentaranya yang tak terkalahkan menyapu bersih ke arah selatan dalam rangka penyerbuan ke arah Mesir pada tahun 332 SM. Ia meminta supaya kota Tirus kepulauan itu menyerah. Penguasa dan penduduk kota tirus menolak, lalu alexander memerintahkan tentaranya untuk mengambil puing-puing kota lama Tirus lalu membuat jalan dengan puing-puing itu 792 meter (2600 feet) panjangnya dan 274 meter (900 feet) lebarnya


Begitu banyaknya kebutuhan bahan puing untuk membuat jalan, sampai debu kota pun di sapu dan dibuang ke laut.


Alexander kemudian memimpin bala tentaranya untuk melintasi jalan buatannya dan menaklukkan kota Pulau-Tirus. Separuh kota itu terbakar dan hampir kosong penghuninya.


Dan 28 Point dalam nubuatan Allah tentang kota Tirus akhirnya terpenuhi, seperti yang dikatakan nabi Yehezkiel 1900 tahun lalu sebelum Alexander agung dari yunani datang menggenapi keseluruhan nubutan ini.

Poin 26 dan 27 dalam nubuatan Yehezkiel diatas: :
26. Aku akan menjadikan engkau gunung batu yang gundul
27. akan menjadi penjemuran pukat

Sekarang kota pulau Tirus telah menjadi Suatu semenanjung yang terjadi karena pasir yang terbawa arus dan menambah lebarnya jalan buatan Alexander dan pasukannya. Sekarang, kota yang dikalahkan Mebukadnezar dan dibuang Alexander Agung kelaut sudah tidak berbekas lagi. Dengan satelit atau google Earth kita dapat melihat bekas kota Tirus ini yang menjadi sebuah semenanjung sekarang:


Dan poin terakhir yakni poin ke 28, Tuhan Allah mengatakan dengan pasti untuk kota Tirus :


Ajaib sekali bagaimana Allah membuktikan ucapan-Nya dengan mendemonstrasikan dalam sejarah peradaban manusia atau sejarah umum Dunia, yang di tulis oleh nabi-Nya Ribuan tahun sebelum kejadian itu terjadi. Jadi hati-hati dengan Nubuatan Allah, sebab semuanya itu “PASTI TERJADI”.

SUMBER : http://artikel-kristenjhony.blogspot.com
http://ilovejesus-ministry.blogspot.co.id/2012/11/membongkar-fakta-tirus-salah-satu.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...