Friday, October 16, 2015

Rumah ALLAH swt Kejatuhan Crane - 107 Tamu ALLAH Tewas, Ratusan Luka-Luka


Insiden jatuhnya crane menimpa masjidilharam terjadi tepat saat peringatan serangan 11 September, yang menewaskan lebih dari 3000 warga sipil Amerika. Apakah ini hanya sebuah kebetulan?
 
MEKKAH, KOMPAS.com — Jatuhnya alat berat proyek (crane) di Masjidil Haram, Mekkah, Jumat (11/9/2015) sekitar pukul 17.30, diawali dengan adanya angin kencang dan hujan deras. Saking derasnya, air hujan dilaporkan masuk hingga ke dalam masjid yang dikelilingi alat berat proyek tersebut. Saat itu, jemaah tengah melakukan persiapan shalat maghrib di masjid terbesar di Arab Saudi tersebut.
"Tiba-tiba, terdengar suara dentuman seperti petir," cerita Azalzuli, anggota jemaah Indonesia asal Medan, kepada TV One, Sabtu (12/9/2015).
Zuli menceritakan, alat berat tersebut jatuh dan menimpa lantai tiga tempat ibadah umat Islam tersebut. Tak pelak, alat itu menimpa bangunan dan juga jemaah yang berada di sana.
"Lalu, jemaah berlarian. Ada yang tertimpa beton. Saya melihat ada anggota tubuh yang terputus," ujarnya.
Seorang anggota jemaah asal Medan, Sumatera Utara, dilaporkan sempat terinjak-injak.
Sesaat setelah itu, aparat Mekkah pun datang ke lokasi. Para anggota jemaah yang selamat pun dilaporkan sempat mendekati lokasi kejadian dan memeriksa apakah ada anggota keluarga atau rekan yang turut menjadi korban.
Tim medis pun segera melarikan para korban tewas dan korban luka ke rumah sakit-rumah sakit terdekat. Di sana, mereka mendapatkan perawatan.
Saat ini, lokasi Masjidil Haram telah disterilkan. Tak ada anggota jemaah yang boleh beraktivitas di sana untuk sementara waktu.
Sebanyak 87 orang meninggal, 184 luka
Akibat peristiwa ini, sebanyak 87 anggota jemaah dilaporkan meninggal dan 184 orang lainnya menderita luka-luka. Sebanyak dua dari 87 korban meninggal berasal dari Indonesia. Keduanya berasal dari embarkasi Sumatera Utara dan Jawa Barat.
Tak hanya itu, lebih dari 20 anggota jemaah asal Indonesia pun turut menjadi korban luka.
"Anggota jemaah asal Indonesia ditangani dengan baik. Penanganan cepat sekali. Korban datang, langsung ditangani," ujar Anwar, anggota jemaah asal Indonesia, kepada Metro TV, Jumat.
Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah telah bergerak menuju Mekkah untuk mendampingi para korban luka asal Indonesia.
Proyek jangka panjang
Pemerintah setempat memang tengah melakukan perluasan tempat ibadah tersebut menjadi 400.000 meter persegi. Alat-alat berat proyek tersebut tampak di sekeliling masjid. Masjidil Haram kelak dapat menampung 2,2 juta anggota jemaah. Proses ini akan rampung pada 2016.
Saat ini, Masjidil Haram "hanya" mampu menampung sekitar 800.000 anggota jemaah setiap tahunnya.
Selama musim ibadah haji, jemaah dilaporkan memadati masjid tersebut pada hari Jumat. Waktu terpadat ialah saat shalat maghrib hingga tengah malam. Alasannya, cuaca di sana bersahabat pada waktu tersebut

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...