Monday, October 24, 2016

Ahok disantet, tapi dukunnya yang mati

Senin, 28 September 2015


Gagal Disantet Gubernur DKI Ahok

Didepan para pejabat baru, Gubernur DKI Ahok menceritaan kesaksiannya. Dia pernah di santet tetapi tidak bisa, apa yang terjadi selanjutnya. Baca kesaksian dibawah ini?

Saat Pelantikan
Saat tengah melantik sebanyak 327 pejabat baru DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat 4 September 2015, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengingatkan para pejabat untuk tidak main dukun. Dalam kesempatan itu, Ahok menegaskan kepada para pejabat baru tersebut agar segera menghadap secara pribadi apabila kepemimpinannya tidak baik.

Ahok menyampaikan agar tidak perlu main dukun untuk menyerang dirinya. Ia mengaku pernah mengalami kejadian gagal disantet oleh orang yang tidak suka dengan dirinya. Pengalaman itu terjadi saat menjabat sebagai Bupati Belitung.

“Udah jangan dukun-dukun segala. Saya udah pengalaman yang begituan. Dulu saya pernah waktu masih menjabat Bupati Belitung. Ada orang yang mau dukunin (nyantet) dengan cara datang ke kantor meludah-ludah dan masuk ke ruangan saya. Bukannya saya yang mati malah dukunnya yang mati”, terang Ahok berkisah tentang pengalaman tersebut.

Untuk menghadapi serangan gaib itu, Ahok selalu mengandalkan ucapan sang ayah agar melawan orang-orang yang nyantet dan dukun-dukunan. Ia hanya mengandalkan keberanian dan tanpa takut sedikit pun.

“Kata bapak saya, kalau ada orang yang jahat sama kita, itu barang-barang yang buat nyantet ambil, gantung taruh di depan pintunya. Artinya apa? Kita itu lebih hebat dari dukun itu,” lanjutnya.

Ia juga tidak menampik orang-orang yang membenci dan berusaha menyerangnya dengan cara-cara gaib. Tetapi tak sekalipun dirinya gentar menghadapi serangan itu. Menurutnya, selama ia benar tak ada yang perlu ditakuti. “Saya tahu kalau orang yang mau jahat sama saya. Itu ruangan saya di wangi-wangiin, ditaruh macem. Tapi saya masih sehat, kalau kita benar kenapa takut meski diberondong peluru juga jangan takut, kita benar,” tandasnya.

Ahok memberikan pesan yang sangat kuat tak hanya kepada para pejabat, tetapi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Tak perlu takut dengan serangan dalam bentuk apapun selama berjuang demi kebenaran. Sebab setiap orang yang bersih dan benar hatinya, perlindungannya berasal dari Tuhan.
Sumber : Tribunnews.com/jawaban.com/ls

Catatan:
Ketika kita hidup didalam Tuhan maka segala macam santet tidak akan bisa mengenai kita. Karena kita didalam Tuhan, kalau Anda diluar Tuhan maka Anda dapat di santet atau di kontrol oleh setan.

Jaminan bagi kita yang hidup didalam Tuhan adalah yang paling Terbaik dari yang baik dunia ini tawarkan. Biarpun Anda berjalan dalam kesulitan atau masalah tetapi kalau bersama Tuhan semua itu tidak akan membuat Anda takut karena Anda tahu ada Tuhan yang sanggup membuat Anda melewati semua itu. Amin


Ahok.Org (02/03) – Anggota DPR dari Partai Golkar Basuki Tjahaja Purnama menelanjangi rekannya di parlemen yang melakukan korupsi. Melalui laporan kinerja bertajuk Satu Tahun Ber-DPR, Ahok –begitu dia akrab disapa– mengungkap banyak fakta menarik tentang tingkah polah para wakil rakyat di Senayan.
Dalam laporan itu, Ahok menceritakan pengalaman kunkernya ke Maroko pada akhir September 2010. Dia ikut sebagai anggota delegasi Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR dan Parlemen Maroko. Kunjungan tersebut menjadi pengalaman pertamanya menggunakan paspor dinas berwarna biru.
’’Yang membuat saya gundah, rupanya dalam perjalanan itu juga ada acara ke Spanyol,’’ ungkap Ahok di Hotel Santika, Slipi, Jakarta Selatan, kemarin (28/2). Dia merasa perjalanan ke Spanyol tersebut bukan lagi bagian dari agenda kerja sama bilateral. ’’Toh, terdapat tim lain yang berangkat ke sana,’’ ujar pria kelahiran Belitung Timur, 29 Juni 1966, itu.
Turut hadir peneliti senior CSIS J. Kristiadi, Koordinator Formappi Sebastian Salang, Koordinator ICW Danang Widoyoko, serta pengamat politik dan kebijakan publik UI Andrinof Chaniago.
Tim yang terdiri atas enam anggota DPR tersebut akhirnya berangkat pada 24 September 2010. Menurut Ahok, semua acara seharusnya sudah selesai pada 27 September sore. Artinya, mereka bisa kembali ke Indonesia keesokannya. Tetapi, anggota rombongan yang lain nekat ingin ke Spanyol.
’’Dalam jadwal acara tidak ditulis ke Spanyol. Cuma sampai 29 September, dibuat seolah-olah masih di Maroko kegiatannya dan ditulis pukul 13.20 berangkat dari Casablanca (lokasi bandara internasional Maroko, Red) menuju Jakarta,’’ jelas Ahok.
Yang keterlaluan, lanjut dia, para anggota rombongan yang pelesiran ke Spanyol tersebut tetap menerima tambahan uang saku perjalanan. Di Maroko setiap anggota dihitung USD 200/hari, termasuk hotel. Untuk Spanyol, jatahnya menjadi dua kali lipat, yakni USD 400/hari.
Ahok memutuskan untuk tetap pulang ke tanah air pada 28 September. Meski di Maroko selama lima hari, dia hanya mau menerima uang saku selama empat hari. ’’Perdiem saya di Maroko, setelah dipotong ini itu adalah USD 685,’’ katanya. Bila dihitung USD 1 sama dengan Rp 9.000, USD 685 adalah sekitar Rp 6.165.000.
Sebelumnya, dia malah ditawari menerima uang saku penuh selama tujuh hari, meski tidak ikut jalan-jalan ke Spanyol. ’’Tentu saya menolak hal itu dan meminta apa yang menjadi hak saya saja,’’ ungkap mantan bupati Belitung Timur (periode 2005–2010) tersebut.
Selaku anggota komisi II, agenda kunker pertamanya adalah ke Palu, Sulawesi Tengah. Seperti biasa, seluruh anggota rombongan mendapatkan biaya sistem lumpsum yang diatur staf sekretariat. Mulai uang tiket, uang saku, uang hotel, hingga uang transportasi dihitung dengan standar tertinggi dan termahal di kota yang akan dikunjungi.
Beberapa hari menjelang keberangkatan, cerita Ahok, staf komisi memberikan alternatif antara dibelikan tiket pesawat kelas eksekutif atau ekonomi. ’’Karena berpikir semua untuk penghematan dan kesetiakawanan, saya ikut ekonomi. Ternyata saya malah diberi selisih sisa uang dari tiket untuk eksekutif yang dibelikan untuk ekonomi,’’ kata pemilik nama Tinghoa Zhong Wan Xie tersebut lantas tersenyum.
Ahok menyatakan tidak tenang karena merasa ada etika yang dilanggar. Dari sisi penghematan uang negara, dia setuju kalau perjalanan dinas anggota dewan sebaiknya menggunakan tiket pesawat ekonomi. Tetapi, ketika uang yang dianggarkan tetap berstandar kelas eksekutif dan selisih uang tiketnya masih dikembalikan kepada anggota, justru tidak ada penghematan uang rakyat.
’’Justru anggota dewan yang untung karena mendapatkan penghasilan tambahan. Apakah ini dilaporkan dalam SPT (surat pemberitahuan) pajak?’’ katanya. Dalam kunjungan ke Palu itu, imbuh Ahok, bupati setempat juga ingin membayar uang penginapan. ’’Saya menolak ini dan sempat membuat suasana menjadi tidak nyaman,’’ tuturnya.
Selama setahun di DPR, Ahok mengatakan melihat banyak contoh konkret tentang permainan dalam penggunaan anggaran negara. Mulai permainan jumlah hari perjalanan dan rapat, perubahan tiket perjalanan, adanya dana taktis dalam berbagai kunjungan, hingga pemberian honorarium maupun pembiayaan pembahasan RUU yang sering tidak transparan.
Ditambah lagi, lanjut dia, pengambilan ’’kelebihan’’ uang reses, peningkatan uang kunjungan secara diam-diam, dan tidak jelasnya potongan pajak penghasilan DPR. ’’Memang ini tidak bermasalah dari sisi legalitas. Tetapi, secara etika sangat patut dipertanyakan karena penghambur-hamburan uang rakyat,’’ katanya.
Menurut Ahok, kalau anggota dewan saja sudah terbiasa menilap uang kecil, fungsi pengawasan terhadap kementerian pasti kedodoran. ’’Otomatis prinsipnya kamu ambil punya kamu, saya ambil punya saya,’’ sindir Ahok. Selain mengingatkan langsung, Ahok sudah melaporkan hal itu ke Badan Kehormatan (BK) DPR. Namun, belum ada tindak lanjutnya sampai sekarang.
Ahok menambahkan, praktik ’’bagi-bagi uang’’ juga lazim terjadi di komisi. Tetapi, Ahok menyatakan belum pernah menemukannya secara langsung. ’’Mungkin karena tahu saya begini, saya nggak pernah ditawari. Perjalanan saja nggak mau nilep, apalagi bagi-bagi begitu,’’ katanya lantas terkekeh. [Radar Jogja]


saya salut dengan anda ko ahok. dan sy tidak menyangka bahwa anda pernah ke Palu. Sedikit ralat, kalo di Palu, bukan bupati untuk kepala daerahnya. tetapi WALIKOTA. karena palu adalah kotamadya. bukan kabupaten.
tentang masalah korupsi seperti ini, sy pernah dengan istilah dari para PNS yang kadang datang belanja di tempat saya, kata mereka itu, sebuah anggaran yang telah ditetapkan, harus dihabiskan semua duitnya. kalo tidak dihabiskan, akan timbul masalah bagi mereka. Masalah apa yang akan terjadi, saya tidak tau. padahal kalo menurut sy, bila anggaran tidak habis, kan bisa dipake untuk pos yang lainnya.
apa betul akan jadi masalah kalo uang anggaran tidak dihabiskan? sering terjadi mark up harga beli kalo anggarannya tidak habis.
trus kadang kala, sering itu belanja, anggarannya belum turun, jadi ditalangin dulu oleh uang pribadi pegawai. nanti ketika anggarannya turun pada bulan ke-n, baru nota pembelian di ubah tanggalnya untuk kemudian ditagihkan ke kas. ini hal2 yang pernah sy dengar langsung dari beberapa PNS yang pernah belanja ditempat saya.
masukan saya untuk ko ahok, cek ulang nota2 belanja barang. karena di situ rawan untuk mark up harga. pihak toko tidak bisa disalahkan jika terjadi hal ini karena mereka hanyalah untuk menjaga agar langganannya tidak lari ke toko lain. dan toko tidak menerima satu sen pun uang hasil mark up ini.

Hampir semua tulisan di sini positif lah yaa…. cuman sayangnya yg baca web ini org-org baik (mungkin bukan pejabat yg terbiasa dgn membenarkan yg salah dan menyalahkan yg bener) yaaah paling tdk hal ini berguna buat kita pribadi dan keluarga…. sy sgt prihatin dgn mental para pejabat di negri ini. Heran MALU dah ILANG. DOSA …. hmmmm siapa takuuut… every body yg udah duduk di kursi jabatannya berfikir pertama untuk dirinya, kpn balik modal, kpn untung, bgmn bisa bertahan dan bgmn menyingkirkan lawan….. ORG BAIK DIMUSUHI, YG PRO DGN KEJAHATANNYA (mnrt dia sih untuk kebaikan seeh) JADI KOLEGA…. hmmmm….. kadang sy berpikir apakah sy juga akan mampu bertahan jika sy diberikan ujian sbg pejabat? Ada pepatah DI INDONESIA MALAIKAT PUN BISA JADI IBLIS busyeeetttt….. PARAH BANGET NEH NEGRI……. betapa busuknya lingkungan di pemerintahan negri ini. Aku jadi inget ada salah satu temen organisasi di kuliah dulu. Dia sgt idealis dan agamis dibanding aku, dia jauh lbh baik bahkan ngrokok pun tdk…. singkat cerita dgn kereta politik dia sampai pada jabatan tertentu di parlemen, nah beberapa waktu lalu ketemu dia, ngobrol panjang ngalor ngidul, SUBHANALLOH jauuuhhhh dia dgn yg aku kenal dulu… gile neh anak…. bener aja jangankan ORANG! MALAIKAT aja bisa jadi IBLIS…. smoga kita tdk tergolong org2 yg sesat…. amiiinnn…..

bukan saja kalangan DPR yang suka bagi-bagi…Pak, dari kalangan departement yang notabent adalah PNS, juga banyak yang suka bagi-bagi amplop.

Jangankan biaya perjalanan,
ALQURAN, DAGING SAPI, TANAH MAKAM, duitnya pun gak luput ditilep

Salut !!! saya hanya bekerja di level terendah blm sanggup sejujur ahok, adakala dlm suatu kepanitiaan saya tdk melaksanakan kerja sepenuhnya kdg penerimaan uang lelah sama dgn tmn2 yg bekerja full.Saya suka mengikuti berita2 jokowi n ahok dgn harapan bisa belajar untuk lbh baik.

Itulah praktik kotor Sataf, Kasi, Lurah, Camat, Kadis, Kabag dan Sejenisnya di Kota Bontang,, itulah yg membuat saya risih bekerja sbg Staff di Kelurahan.. Hal biasa seorang Lurah di Kota Bontang melakukan Perjalanan Dinas Dalam/Luar Daerah sampai 2 x sebulan.. Parah..!!
Makanya sy niat mau Pensiun Dini secepatnya… takut karma & dosa ngasi makan Anak Istri Uang yg bukan Hak saya!

Ga cuma dpr, PNS juga semua rata2 seperti itu! makanya banyak orang pingin jadi PNS yang notabene gajinya kecil, tapi pendapatan macem2nya bisa besar sekali. Pemerintahan busuk semua

SEMANGAT PAK BTP. HIDUP PENUH SEMANGAT DI JALAN TUHAN, JANGAN BENARKAN KEBIASAAN TAPI BIASAKAN KEBENARAN. DOA HARAPAN SAYA, ADA KIRANYA PARTAI YG MENCALONKAN BPK BTP MENJADI RI-1 ATAU RI-2 AMIN

Hebat pak ahok, selama ini saya memilih GOLPUT, tapi suatu saat jika Pak AHOK mencalonkan diri jadi RI-1 ato RI-2, saya dengan senang hati melepas status saya sebagi GOLPUT. mantab untuk memilih AHOK. habisi semua musuh rakyat..!! Perbaiki system pemerintahan yang amburadul ini, Merdeka..!!
Salam

Sukses terus pak Ahok, maju terus buat Indonesia lebih maju, Saya dukung juga jadi Gubernur DKI, dan nantinya bisa naik lagi jadi Presiden RI, Babat habis Korupsi.

Aku dukung Pak Ahok Jadi Presiden
Indonesia perlu sosok Ahok !!
Bkn Biadab pemimpin2 spt skrg

Aku memang beda dengan Ahok, ketika akun ditawari diajak jalan keluar negeri (ke Tahiland) dengan gratis semua akomodasi sudah dibayari, aku tetap MENOLAK BERANGKAT, sebab aku tidak tahu sumber dananya dari mana, dan menurutku pasti itu uang SAWERAN DARI REKANAN, dari pada aku muntah menelan uang HARAM lebih baik minum air mineral yang bisa aku beli sendiri ?

saya semakin salut dan kagum atas sikap dan prinsip pa’ahok memegang kuat teguh keyakinan yang baik pertama:ketika menjadi wagup tak mau ganti keyakinannya,supaya dukungan lebih kuat dari mayoritas, Kedua ketika pengusungnya jadi wagup dari pa’prabowo yang siap pasang badan bila ahok di-obok2 atau kalau dia korupsi beliau akan demo paling depan.Ternyata berani tak setuju/melawan pa’prabowo sebagai ketua koalisi KMP[mending keluar dari gerindra],sampai dikatai tak ada rasa sungkan[bai sing gi] dan balas budi. apakah etnis cina tak ada budaya sungkan,justru saya katakan rasa sungkannya lebih besar dari mayoritas,sampai ada istilah
hutang budi dibawa mati kata lain bila kepalanya diminta rela diberikan.Tetapi ahok
ini lebih teguh memegang prinsipnya untuk kebaikan orang banyak.Jadi a hok ini bukan bonekanya manusia,tapi bonekanya Tuhan dengan menuruti Firmannya.Jadi mustinya yg jadi RI 1
tidak cuma DKI 1

testimoni Ahok, ad praktek2 yang sdh ada sejak lama & hingga kini. Mereka yang di maksud oleh Ahok, tahu sama tahu…mana ada maling ngaku, kecuali sgt terpaksa/ kepepet !?
Buat Ahok, konsisten dgn pilihan sikap yang tidak ada kompromi dgn para maling duit negara…krn para maling tsb sdh pasti bereaksi dan punya 1001 cara utk “melawan”.
Rakyat yang benar pasti membela yang benar.
Rakyat yang tidak benar pasti membela para maling tsb krn sdh keciprak hasil maling…
Ok ya..Pak Ahok !

Mantap! Gubernur Ahok punya nurani; yang Korup punya kroni – silahkan berjamaah rame2 ke penjara…. wkwkwk….
Sistem pemerintahan RI yang bobrok, disebabkan atasan & bawahan sama2 melakukan korupsi sistematis secara masif bertahun2!! Penghkianat Bangsa menggerogoti persendian negara… enak banget bebas berkoar? Sudah habis mimpinya… sekarang tunggu waktunya masuk neraka!
Jijik & muak gw bacanya “rahasia umum” para koruptor… sementara rakyat jelata kerja dengan KERINGAT, PERSAINGAN ADIL, SUSAH PAYAH, TERHIMPIT SOSIAL EKONOMI…. yang mengaku “dewan kehormatan” malah tingkahnya “aji mumpung” kaya komplotan Siberat!! Sampah semua emang ga perlu ngebela diri – hati udah bejad sok ngomong “ETIKA”?? bicara ‘sok sopan’ di media… hati busuk bernanah semua makan uang HARAM! Najisssss!!!
Rakyat punya mata & tunggu aja ganjarannya menumpuk Dosa di dunia ini ^^ Pantes negara ini banyak bencana!!
Tuhan bertindak & menyiapkan Ahok tegas & berani hidup untuk membongkar kecurangan. Habislah kalian koruptor bejad… siap2 menikmati ONE-WAY TICKET ke PENJARA TERDEKAT! mending dikirim ke Afghanistan kunker sama ISIS aja :)
Dan jangan lupa MISKINKAN Harta Haram mereka – bayar DENDA 10x lipat dari setiap angka yang sudah terbukti korup!!!! Enak aje mao makan tidur jalan gratis??!! Teganya lebih parah dari Kompeni & Komunis… Begal! Liar! Hedon!! Gw doain biar cepet dihukum semua!! AMIN!!

Apakah kita masih perlu DPR (D). aepertinya tdk pengaruh ada atau tdk ada, jika ada lebih meruikan, jika tdk ada tdk masalah.
Apakah DPR itu wakil Rakyat..? bukan, mereka adalah wakil Partai… Lalu siapa wakil rakyat di Leislatif.?
Lembaga DPR (D) sebagai tempat bekerja, apa demikian. ataukah pengabdian..?
Lulus Sarjana jadi anggota DPR, mantan pengusaha jadi anggota DPR,Kepala preman jadi anggota DPR,Ustad jadi anggota DPR… apa motivasinya..?

Mudah mudahan bang Ahok bisa jadi The Next President of Indonesia …

Pak Ahok..seandainya warga jakarta tidak menerima bapak sebagai gubernur…kami warga medan bersedia mendukung bapak sebagai gubernur Sumut….Salam…

Kelihatannya cocok buat presiden selanjutnya

Mari kita Impor para koruptor ke Afganistan atau Zimbabwe. Hitung per kilo daging aja supaya cepet laku. Jarang2 anggota DPR bisa sumbang pada devisa negara…

Seandainya kalu ahok jadi calon gub jakarta, saya mw pindah jd warga ke jakarta buat milih ahok…

Slamat siang pak.. sy berasal dri jypra tp utk sementara ay tinggal di jakarta.. krna sy tdk punya kendaraan pribadi, sy sering naik anguktan umum. Pak, banyak yg sy temui supir angkot yg merokok. Dan itu sangat mengganggu kenyamanan para penumpang. Apa lagi disaat macet, asap2 rokok sangat tercium kepada penumpang. Sy harap bapak membuat kebijakan klu dilarang merokok saat membawa penumpang. Merokok saat istirahat atau saat penumpang tidak lgi dalam angkot alias lgi gak angkut penumpang. Sy sangat prihatin terhadap kesehatan penumpang yg tiap hri hrus naik angkot yg mayoritas supirnya pada merokok. Terima kasih

sumber: http://ahok.org/berita/news/testimoni-ahok-bagaimana-modus-wakil-rakyat-tilap-uang-kunker-ke-maroko-rekreasi-ke-spanyol/



Ahok.Org – Berikut jumlah gaji yang diterima Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki T. Purnama untuk periode Februari 2013.
Jumlah gaji yang diterima Jokowi setelah dikurangi pajak adalah sebesar Rp 3.448.500, sedangkan Basuki menerima gaji setelah pajak sebesar Rp.2.810.100.
Selain gaji, Gubernur dan Wagub juga menerima Tunjangan Jabatan. Setelah dikurangi pajak. Gubernur menerima tunjangan sebesar Rp. 5.130.000 dan Wagub sebesar Rp. 4.104.000
Lapiran Gaji Feb 2013:
Lapiran Jumlah Tunjangan Feb 2013:

Bukti Slip Setoran Wagub (Gaji dan Tunjangan Jabatan bulan Feb 2013 *jumlah setelah dipotong Pajak)
temen2 harus tau bedanya gaji sama penghasilan, yang diupload itu cuma gaji dan tunjangan jabatan, sebenarnya masih ada lagi penghasilan gubernur dan wakil gubernur yakni dari PAD mereka, malah disuatu acara kick andy baru2 ini pak Ahok menjelaskan klo penghasilan dia pertahun 1 miliar lebih, tapi sih saya setuju2 aja klo uang negara sebanyak itu diberikan mereka, karna Jokowi dan Ahok adalah Pemimpin yang Bekerja Keras untuk Kepentingan Rakyat

iyah lah bro wajar banget..kerja di perusahaan aja yg cuma mimpin beberapa ribu orang aja bisa lebih dari 1 milyar salarynya…..ini mimpin 1 jakarta loh…coba tanya deh pimpinan perusahan2 besar,…baru mimpin 1000 orang dengan berbeda karakter aja dah mumet….ini 1 jakarta…gmn ga mumet nya pangkat 10…

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000, pemasukan kepala daerah dan wakilnya didapat dari gaji, tunjangan jabatan dan tunjangan lainnya.
Untuk gaji pokok, seorang Gubernur DKI Jakarta mendapatkan Rp3 juta per bulannya, ditambah dengan tunjangan jabatan sekitar Rp5,4 juta. Sehingga, total gaji yang diterima gubernur mencapai Rp8,4 juta per bulan.
Tapi tak cuma itu, sebab Gubernur DKI Jakarta juga mendapat tambahan kocek dari tunjangan operasional. Tunjangan tersebut ditentukan berdasarkan klasifikasi pendapatan asli daerah. Dan jumlahnya dianggarkan sebesar Rp17,6 miliar untuk tahun 2012.
Sehingga, total pendapatan yang diterima oleh Gubernur DKI Jakarta, lewat tunjangan operiasonal mencapai Rp743.400.000 per bulannya.
Angka tersebut belum ditambah dengan gaji resmi gubernur. Sehingga kalau dijumlah, diperkirakan Gubernur DKI Jakarta yang baru akan menerima pendapatan Rp751.800.000 saban bulannya.
Tak heran mengapa Pemilu Kada DKI Jakarta lalu begitu ramai diikuti oleh para calon gubernur. Pasalnya, jabatan Gubernur DKI Jakarta merupakan posisi paling prestisius, bahkan melebihi pendapatan seorang kepala negara.

ngawur… 751.800.000/Bulan
Sok tahu loh
Gubernur, wakil dan Kepala.. dapat tambahan gajih semacam komisi berdasarkan persentasi P.A.D
Bukan langsung angka, tergantung pencapaian target , seperti sales begitu
total yang diterima perbulan fluktuatif
antara 100-200jt/Bulan
dan itu angka yang realistis, sesuai dengan tanggung jawab dan kerjanya
untuk saat ini belum perlu penambahan
kecuali gajih pokok sedikit disesuaikan sama dengan yang lain kalau yang lain dari level bawa naik 500 rb, Ya gubernur, ewakil gubernur naik 500rb
Kedepan perlu dibuat aturan gajih tunggal
guna mengurangi korupsi
Misal gajih gubernur 150.000.000
dalam setahun x 12 ditambah tunjangan hari raya 1 x gajih
ketemu angka 1.950.000.000
dengan demikian KPK bisa mudah memantau,kalau dapat kekayaan lebih dari itu patut dicurigai
salam damai

Uppsss..jangan silap Bukkk..Gubernur dan wakil gubernur tunjangan operasionalnya bisa ratusan juta perbulan bahkan bisa mencapai miliar tergantung besarnya PAD (pendapatan asli daerah)
Nahhhllooo..bisa dibayangkan pendapatan gub dan wagub jika PAD nya triliunan rupiah?????

ini sudah dijawab oleh Ahok di Mata Najwa, bisa search di Youtube. Episode dia sbg wagub terpilih. Dibilang Najwa bahwa benar pendapatannya bisa sampe ratusan juga, itu lari kemana. Dan Ahok menjawab itu semua diberikan utk rakyat, misalnya klo blusukan Jokowi ketemu bapak2 yg minta dilunasi hutang di Rumah Sakit, atau kmarin itu Ahok ketemu bbrp pegawai petugas taman yg mengabdi puluhan tahun dan kemudian diberikan umroh gratis, juga wartawan yang rajin mengikuti mereka setiap hari kena panas hujan, itu pak ahok juga dengan baik hati memberikan mereka konsumsi karena mengapresiasi mereka.

dapet dari mana lu tong perhitungan Rp743.400.000 per bulannya. :v
pendapatan pak ahok pertahun aja sekitar 1,2M beliau sendiri yang mengatakan dengan JUJUR di beberapa media, dan sekarang mana ada PEJABAT yang sejujur dia, wtf o.O

Kalo uang perjalanan dinas dalam daerahnya, luar daerah, mamin pimpinan, dana taktis, BBM dan aspirasinya berapa pak selama 2 bulan itu?
kan nanti bisa di total penerimaan per bulannya :D
lebih transparan lebih baik
Reply
  • Dana taktis bukannya sekarang udah ga daa lagi ya? Kalo bbm kn buat mobil dinas to. Udah di pagu juga kn sebulannya berapa max. Jadi ga bisa diambil buat kegynaan selain pertamax to?
    Reply
    • (uang perjalanan dinas dalam daerahnya, luar daerah, mamin pimpinan, dana taktis, BBM) <—– itu kan untuk kepentingan dinas… bukan harta pribadi… dan sudah ada pagu anggaran masing-masing…

Dukung Jokowi Ahok jadi presiden wakil presiden RI 2014
Reply

  • Setuju banget,,,tp lebih bijak lagi berikan kesempatan kepada Jokowi-Ahok utk lebih membuktikan diri membuat Jakarta lebih baik,,,klo terbukti maka dukungan rakyat akan sangat luar biasa memilih Jokowi-Ahok jadi RI1 dan RI2…:)
    Reply
  • wahh klo untuk presiden jangan dl dech. mending jadi gubernur saja dl. setelah jakarta benar2 menjadi sangat lebih baik. baru dech kita dukung sebagai presiden RI
    Reply
    • Kalo bisa ke RI1 kenapa di tunda-tunda fokus ke Jakarta dulu ? Indonesia perlu pemimpin bersih bukan hanya Jakarta. Ntar Jakarta makmur malah Indonesia yang hancur karena di pimpin koruptor 5 tahun ke depan.
































  • Beru klai ini Kepala Daerah mau share SLIP GAJI nya… hihi untuk selain dari negara ada gak.. ya seperti proyek2 gitu,
    maksudnya SLIP / tanda bukti penerimaan yang lain…
    salut…
    Reply
  • hampir ga percaya itu gaji yg sesungguhnya???? ga nyangka dg tugas & tekanan yg cukup besar. berarti GUB & WAGUB sblmnya perlu dipertanyakan besar??????????????????????????????
    Reply
    • Manager saya aja 10juta ya gaji sebulan…
      Kaget juga tau gaji bersih dan halal Gubernur & Wagub baru sampai angka segitu..
      Reply
    • luar biasa…..sungguh orang yg diharapkan bangsa..ehehe


Laporan ke no HP bapak Basuki Tjahaya Purnama prihal Ga RT Ga RW Ga sekretarisnya semua UUD nukan Undang-Undang Dasar tapi Ujung2nya Duit#PraktikKorupBerbekalAlasanUangSumbangan. tapi ada sampe mematok buiaya tapi ada ug seiklasnya walau pd akhirnya sambil menunjukan nominal terkecil sumbangan. Gue berbekal inpirasi bapak Wagub di web pribadinya. gw yg memiliki idealisme juga ingin coba tanpa mengandalkan org utk mengurus surat2 kependudkan gw trmsk yg hilang namun hal itu lah yg gw dpt. mslh jumlah uang ga seberapa buat gw & keluarag apalg biaya pribadi gw sendiri yg jd mslh kalo biaya2 itu tdk sesuai SOP(Standar Operasional Prosedur) yg benar. Akhirnya hny msk ke kas pribadi mereka. Apalagi ini blm lg ke RW nanti & kekelurahan entah hrs keluar biaya brp lg. apalg td gw dihadapkan bertemu pria paruh baya yg lbh kurus dari gw dg wajah yg & tatapan yg kurang bersahabat dg cara duduk yg sombong sambil baca koran malam hari. dia suruh gw datang lg saja bsk krn ketua Rw tdk drmh

cari ketua RW yg bener dong ! jadi warga RW 09 < Persada Sayang<Rawa Buaya <cengkareng, pembuatan surat apapun GRATIS dan SUMBANGAN.



BIASANYA BESARNYA GAJI SEBANDING DENGAN BESARNYA TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB…. KALAU BEGITU GAJI BURUH JAUH LEBIH BESAR DARIPADA GAJI GUB DAN WAGUB…
BELUM LAGI KADANG GUB DAN WAGUB NYUMBANG DARI KANTONG SENDIRI…
ADA GA, BURUH YANG MAU JADI ASISTEN GUBERNUR? SEBALIKNYA MUNGKIN KEPALA DINAS YANG MUNDUR PADA JADI BURUH, BISA IKUT DEMO, NUNTUT, CHAOS, HURA HURI….

Gaji tukang masak di restorant saja sudah 10 juta sebulan.
pak Ahok sudah mengamankan RAPBN lebih dari trilyunan rupiah.
Semoga Tuhan memberikan kesehatan dan kebahagian bagi bapak Ahok dan keluarga.
Reply
  • Walaupun gaji mereka di naikan 100x masih jauh lebih kecil dari pendapatan penguasa sebelum nya. Ada yang salah didalam pemerintahan ini! memicu pejabat untuk korupsi.
    Reply
    • Benar makanya harus dirubah….supaya pejabat mendatang tidak korup..beruntung saat ini pak jokowi dan pak ahok diberi kepercayaan dan atas restu Tuhan Yang Maha Kuasa. Beliau2x inilah org yang bersih. Mudah2x pak jokowi jadi presiden dan gaji 2x bisa disesuaikan dengan tanggungjawab masing2x jabatan. Sehingga bisa membuat Indonesia lebih bersih dari korupsi.
































Mengherankan gaji Gub dan Wagub DKI cuma segitu tapi mengapa Para Cagub dan Cawagub pada saat kampanye mengeluarkan biaya sampai300M. Apa benar? Lalu apa motivasinya Cagub dan Cawagub yg berani mengeluarkan biaya kampanye sebesar itu??? Salut dengan Pak Jokowi dan Pak Ahok sangat transparan dan mendidik rakyat tentang pemerintahan dengan tranparansi nya. Semoga Pak Jokowi dan Pak Ahok selalu diberkati dan dilindungi Oleh Tuhan YME. Amin
Reply
  • yg keluarin duit kan itu partai kk. beda klo yg kampanye nya itu calon gubernur sperti Foke. 1 T juga pasti brani keluarin dia.
    Reply
    • iya kakaak, lagian JB kan gak ngeluarin biaya sepeserpun bwt kampanye, semuanya sukarela.bner2 hebat

  1. BANDINGKAN DENGAN GAJI ANGGOTA DPR:
    Gaji pokok 15jt
    Tunjangan ini itu 35jt
    Kerjanya:
    Tidur di ruang rapat
    Browsing video bokep
    Jalan-jalan ke Luar Negeri
    Reply
    • wah enak bener ya? tak ada tanggung jawabnya. kalau begitu mereka tidak memikirkan bagaimana caranya menaikan taraf hidup masyarakat donk?
      Reply
      • Jangan lupa, katanya juga pake uang pensiun,,, Angelina Sondak aja masih terima gaji sampe sekarang,,, bah,,, macam mana pula,,,
        Reply
  2. kLo gaJi bPk cma seGini gak rugi pak??
    pdahal bpk sdh kLuar biaya besaR uTk kamPanye.
    KasiH uPeti ke Partai yG menGusung bpk.
    Kpn Bisa baLik moDaLnya paK??
    oR bEneraN cmA segitu aja gaJi bpk yG resMi??
    yG “gaK reSmi” tLong diCanTumkan jG dong!!!
    Reply
    • hehe iya, itu baru yg resmi sesuai dirjen anggaran, blm yg resmi sesuai perda/pergub. n belum yg gak resmi :p
      Reply
    • Ini orang berpikiran negatif saja….
      MANA ADA Pejabat yang MENGUMUMKAN gajinya….
      Sudah bersyukur kita diberitahu gaji mereka….
      Silahkan Tonton di Youtube, bagaimana dengan kampanye Ahok dan apa komitmen politik yang dibuatnya dengan partai yang diusungnya…. jangan menuduh sembarangnya saja….
      Jadi Insyaflah dan berpikiran positif (suudzon) agar anda memang layak menjadi seorang Mujahid Langit (yang berjuang untuk meraih surga)….
      Reply
      • Rakyat Indonesia akan sejahtera bila Jokowi dan ahok menadi RI-1 dan RI-2 setelah tugas nya sbg Gubernur selesai.
        Reply
    • anak Alay ikut coment … gk bermutu bgt!!!
      ambil nilai positif ny donk..
      Reply
  3. Jokowi – Ahok is the Best
    Reply
  4. Ahhhhh bohong banget jumlahnya….. Tipuuuuuuuu….. Masa naikin UMR sampai 2,2juta, masa gaji gubernur cuma segini…. Wekkkkkk
    Reply

  1. saya mau nangis liat slip gaji ini…betapa mulianya hati bapak2 berdua melayani warga jakarta…. bapak ber 2 gak layak jadi gubernur n wagub harusnya jadi presiden dan wapres ri.
    Reply
  2. Pemimpin yg benar2 mengabdi pada rakyat. Gajinya di bandingin yg kerja di entertaiment lebih gede yg di entertaiment. Sedangkan anda g berkerja.untuk orang banyak secara sungguh2 harusnya dapat banyak
    Reply
  3. wuaduh gajinya kok kecil….kali ini gpp lah gedein ajah…rakyat setuju n sebanding dg kerjanya…klo dulu ya emohlah…


Loh….?? Kok gajiannya pake slip setoran?
Nggak pake sistem payroll bank…??
Kuno banget…

  1. Tidak semua wni keturunan hanya memeras uang bangsa kita, contohnya pak ahok benar benar mengabdi kepada rakyat bangsa dan negara kita. Mari kita tunggu ahok ahok lain untuk pembangunan di negeri yg kita cintai ini.
    Reply
  2. Kenapa Gaji Gubenur & Wakilnya Kecil amat
    ini adalah system yang sengaja dibuat oleh para pro korupsi, supaya ngak tahan, nanti mudah disogok, dan salah bareng2, kalau sekali sudah bisa disogok, dan ngak bisa vokal lagi, kalau vokal, nanti tinggal kasusnya dibuka
    Reply

  3. Lho, kecil amaaat… beda jauh sama sekelompok orang yang suka merampok uang rakyat yang di Senayan, padahal kerjanya cuma kongkow-kongkow dan bikin UU tak bermutu
    Reply

    • Benar itu pak org2x disenayan tidak bermutu semua… Cuma dengar, duduk duit…harusnya bisa pikirkan bangsa ini mau dibawa kemana…dengan membuat undang undang yang benar sehingga sistem yang ada bisa berjalan baik!!!!















Usulan kepada DPR atau Mendagri:
Gaji Gubernur semestinya setara dengan CEO atau Direktur, atau lebih besar.
Mungkin pak Ahok bisa menyertakan juga Take Home Pay nya berapa, apa ada tunjangan lain yang belum ditampilkan. Supaya benar2 transparan.
Reply

  • Memang tunjangan yg lain pasti ada sprti juga anggota dewan, namun sebagai patokanya pastilah gaji pokoknya sperti halnya PNS eselon sekian-sekian sedangkan tunjangan lain trmasuk perjalanan dinas tidaklah stagnan setiap waktunya.Sebagai perbandingan bisa kita liat gaji Gubernur BI,Dirut Bank pemerintah,dirut-2 BUMN yg lain itupun masih ada tunjangan-2 lain yg seabreg yg mempunyai kekayaan berlimpah didalam n luar negri,coba kita telusuri di daerah-2,yg plg dekat dg Jkt adalah daerah puncak,..berapa banyak villa mewah yg dimiliki para pejabat yg msh aktif maupun mantan. Klo saya untuk Gubernur DKI dan Wakil selayaknya gajinya DINAIKKAN!!! Gitu

Pendapatan lainnya adalah insetif pajak. Dalam Pasal 7, PP Nomor 69/2010 tentang Retribusi Daerah, disebutkan
- penerimaan pajak di bawah Rp 1 triliun, insentif yang diberikan PALING TINGGI 6 kali gaji pokok/tunjangan;
- penerimaan pajak diatas Rp 1 triliun-1,25 akan mendapat maksimal 7 kali gaji/tunjangan.
- penerimaan pajak diatas Rp 1,25tilyun – ,,,
- penerimaan pajak di atas Rp 7,5 trilyun, insentif maksimal 10 kali lipat gaji/tunjangan
***
DKI Jakarta rata-rata memperolah 14,8 trilyun pajak/tahun. Jadi Gubernurnya mendapat tambahan pendapatan (diluar gaji+tunjangan) sekitar 80juta/bulan.
Reply



Baca berita dong Gan ….
Mister Ahok kagak ngambil insentif dari pajak. Perhitungannya juga Beda Gan.
Coba cek di http://jakarta.okezone.com/read/2013/02/22/500/765994/ahok-tak-ambil-tunjangan-rp7-juta-per-bulan

Pak, katanya take-home-pay sama slip gaji beda yah? Katanya ada yang bilang dapet juga dari share pajak?
Reply

  • semua pendapatan BTP telah kami share di web ini termasuk beberapa jenis honorariumnya – Ahok.Org

Ah masa pakk?…kepala dinas aja tunjangan resminya sj lbh dr 20jt…tlg pak lebih transparan jgn hy pencitraan..tunjangan lainny jg tlg dlampirkan..
Reply


  1. Nice share pak Ahok, beberapa hari lalu saya dengar dari narasumber El-shinta Radio bahwa jika pejabat daerah sekelas gubernur berhasil meningkatkan pendapatan pajak di daerahnya maka akan mendapatkan bonus berupa 3x hingga 7x lipat gaji, benarkah?
    Reply
  2. WOOOI, pembaca… Slip gaji itu benar adanya. Tapi ada yg belum ditampilkan di situ, yaitu “TUNJANGAN OPERASIONAL”.
    Baca ini :
    Thx


Waduh, kok tumben saya sedih lihat pejabat gajinya kecil dan tidak sebanding dengan tugas & tanggung jawab terhadap ibukota tercinta.
Maju terus jokowi – ahok
Rakyat di belakang anda, tuhan selalu diatas anda. mari kita wujudkan impian rakyat jakarta
Jokowi – Ahok for RI 1 dan RI 2. 2019

ooo pantas saja para pejabat tinggi pada koruptor, jadi gaji aslinya spt ini, masuk akal juga kenapa para pejabat kotor berani ambil tender/proyek di luar job desk, jadi dapat uang pelicin dong. contoh kasus pembelian unit motor PMK seharga 25jt malah dibilang 125jt bener2 ga masuk akal, 100 jtnya kemana, ya kembali lagi uangnya dibagi-bagi sesama pejabat bagian birokrasi
Salut pak Joko n Ahok untungnya basic anda-anda sudah jadi pengusaha, jadi ekonomi keluarga tidak tergantung pada hasil gaji pejabat negara
anda berdua bener2 memimpin dari hati nurani, bisa dibilang nubuat tentang datangnya para satria piningit telah menjadi kenyataan, ternyata2 ada berdua satria piningit itu
selain menjadi contoh memimpin dengan hati, tidak korupsi, dan menajdi contoh jg Bhineka Tunggal Ika, agama berbeda bisa kompak, suku juga beda sama2 kompak, sekali lagi 4 jempol buat anda berdua. GOD JESUS alway be with you jokowi n ahok

  1. bro n sis
    jangan liat jumlahnya tp liat niatnya,
    dengan menunjukkan slip gaji ini kita org awam akan tau pokok pendapatan mereka sebagai gub n wagub,trus utk detailnya silahkan cari info yg lain lg..
    moga ini jg inspirasi bagi yg laen utk indonesia yg lebih baik..
    Reply
  2. gaji & penghasilan untuk jabatan ini termasukk rendah. patut dihargai krn tidak sebanding dgn tugas & tanggungjawab yg diembani. namun buat saya masih ada yang kurang….mana laporan pajak penghasilan SPT tahunan nya?

wah kacau ini yang bilang yang didapat gubernur dan wagub itu kecil…
dan yang minta info lain2nya
baca dulu sampe bawah baru komen
jangan baca isi langsung ngejudge aja..
gaji emank kecil tapi yang lain2nya besar (maksudnya tunjangan)
selain itu perlu diketahui bahwa ada juga tunjangan rumah dinas dan mobil dinas jadi bayangkan sih, org yang kerja dengan gaji besar bakalan kepotong untuk bayar rumah, listrik, air dan bbm.
jadi walau gaji kecil tapi intesif lain2nya besar dan wajar banyak yang ngiler :D
tapi ingat besarnya pendapat harus berbanding lurus dengan tanggung jawab pekerjaan
jadi sebelom ngiler dapet pendapatan yang besar pikir dulu bisakah melakukan minimal hal yang sama seperti gub dan wagub :D
dan salut untuk transparasinya…

TPP (tambahan Penghasilan Pegawai) untuk gub n wagub DKI berapa ya Pak? Setiap bulan kan PNS dpt TPP dengan besaran berbeda tergantung APBD yg dimiliki, jadi beda kota beda besarnya TPP..


kalo standar gaji pejabat ga bisa jadi tolak ukur kekayaannya. ya…setidaknya laporan pajak tahunan yg di unggah….
Tapi…dari sini pesan yg saya tangkap dari maksud unggahan ini adalah betapa terlalu kecilnya gaji seorang gubernur dan wakil, bila dibanding dg tanggung jawab yg harus dilaksanakan…hal tersebut dapat menimbulkan potensi tindak kejahatan korupsi dan kolusi. pertanyaanya APAKAH KEBIJAKAN GAJI MINIM INI MEMANG SEBUAH KESENGAJAAN???…

  1. Jokowi – Ahok for RI 1&2…
    Reply
  2. Saran buat Pakdhe Jokowi dan Om Ahok… selain gaji dari pemprov, kuitansi tunjangan2 lain kalo bisa juga diupload ya biar lebih transparan, trus penggunaan dari semua pemasukan itu kalo bisa juga dijabarkan tiap akhir bulan … minta tolong stafnya atau siapalah yg bikin (saya juga klo diminta bantu merekap laporan juga mau lah)… mirip2 laporan kencleng masjid tiap Jumat gitu ya…
    Semangat Pak Gub dan Pak Wakil, semoga langkah kecil transparansi ini menjadi bola salju yang semakin membesar transparansinya.
    Lebih baik mulai dari yang kecil2 daripada ndak mau transparan sama sekali, mak bedunduk punya tanah berhektar2, villa, mobil mewah, jam rolex, bini banyak …. kaya pejabat2 yang ono

Hebat Pak Ahok, selain Gaji Pokok dan Tunjangan Jabatan, kan masih ada tunjangan Operasioanl Gub dan wagub yang 2012 sebesar 17,6 Milyar atau Gub dan Wagub @ 1,4 Milya, nah kalau 2013 tunjangan operasional Gub dan Wagub apakah masih sama atau ada penurunan atau ada kenaikan
salam
karta
semoga jakarta lebih baik dari sebelumnya


Salut buat Pak Ahok. Terobosan yg sangat berani. kalo dihitung2 berarti selama ini para Gubernur, wakil Gubernur, Walikota, Wakil Walikota dan Bupati, Wakil Bupati punya harta kekayaan sampai puluhan milyar bahkan mungkin ratusan milyar dari mana yaaaaa……..???!!!

  1. mendukung penuh langkah Jokowi dan Ahok dalam membangun Jakarta, makin sukses dan Maju Terus……………………….RI 1 dan RI 2
    Reply
  2. Gubenur DKI sebulan cuma dapat bayaran Rp. 8 Juta ….hahahahah….hahahaha….ahhahahaha…
    Tukang Bakmi di Dutamas aja bisa sebulan dapat 15 juta ,….hahahhaa….
    Lalu kenapa saya tertawa…hahahaha…
    Karena ketahuan sekarang semua dirancang agar semua pejabat Tinggi tergoda untuk korupsi…..Hahahahaha….saya tertawa karena selama ini pejabat yang berpidato dgn wibawa rupanya hanya bagian dari gerombolan munafik…Terima Kasih Pak Ahok atas transparansinya, saya dukung terus dari depan dan belakang ,….Bravo …..

  1. 2 orang ini sangat tidak layak mimpin jakarta….terlalu kecil…harusnya mimpin indonesia…setuju?….
    Reply
  2. Semoga menjadi inspirasi pemimpin daerah yang lain untuk transparan seperti pak Jokowi dan Pak Ahok

  1. yg heran nape yeee harta si kumis bisa nyampe 54 milyar ya selama gawe di Pemprov DKI…pdhl gaji DKI 1 aja cuma segitu sebulan
    Reply
  2. Setau ane, tambahan gaji paling besar Gubernur dan Wakil Gubernur DKI itu dari tunjangan OPERASIONAL. Dimana Tunjangan Operasional seorang gubernur dan wagub DKI Jakarta dianggarkan sebesar Rp17,6 miliar untuk tahun 2012. Dari jumlah sebesar itu maka dalam sebulan, seorang Gubernur DKI Jakarta akan menerima take home pay sekitar Rp 743.400.000,- per bulan, sedangkan seorang wakil Gubernur menerima Rp 741.720.000,- per bulan, Itu diluar gaji pokok dan tunjangan jabatan itu yg berkisar 8 jtan saja (*ini di jaman Foke, gak tau kalo di jaman Pak Jokowi-Ahok) :)


    • laen kang jaman foke mendapat tunjangan dari pembangunan mall” dijakarta jokowi bangun pasar lahh mana ada orng pasar ngasih tunjangan ke pak jokowi … -_-
      Reply
  1. ayo dukung DWITUNGGAL JOKOWI-BASUKI for president and vice president
    Reply
  2. lha gubernur yang kemaren dalam lima tahun aja kekayaannya bisa berlipat puluhan miliar sumbernya pendapatannya dari mana???
    gubernur dki aja yang notabene propinsi terkaya di indonesia penghasilannya segitu, kita bisa mereka-reka gubernur daerah lain dapat kekayaan darimana kalo kaya.


Apakah Pak Ahok seorang Muzaki ? karena dlm UU No.23-2011 Pengelolaan Zakat Bab 1, ps1 point 2; Zakat adalah harta yg wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kpd yg berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. dan point 5;Muzaki adl seorang muslim atau badan usaha yg berkewajiban menunaikan zakat. Jadi kalo ga, knapa dipotong?


Kalo gaji kepala daerah bahkan kepala negara memang kecil. Tapi tunjangan nya banyak koq. Blom biaya operasional. Coba liat di
PP NOMOR 109 TAHUN 2000 Pasal 8 dan 9.
————————————-
Ini tunjangan nya:
Untuk pelaksanaan tugas tugas kepada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah disediakan :
a. biaya rumah tangga dipergunakan untuk membiayai kegiatan rumah tangga Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah;
b. biaya pembelian inventaris rumah jabatan dipergunakan untuk membeli barang-barang inventaris rumah jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah;
c. biaya Pemeliharaan Rumah Jabatan dan barang barang inventaris dipergunakan untuk pemeliharaan rumah jabatan dan barang barang inventaris yang dipakai atau dipergunakan oleh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah;
d. biaya pemeliharaan kendaraan dinas dipergunakan untuk pemeliharaan kendaraan dinas yang dipakai atau dipergunakan oleh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah;
e. biaya pemeliharaan kesehatan dipergunakan untuk pengobatan, perawatan, rehabilitasi, tunjangan cacat dan uang duka bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah beserta anggota keluarga;
f. biaya Perjalanan Dinas dipergunakan untuk membiaya perjalanan dinas dalam rangka pelaksanaan tugas Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah;
g. biaya Pakaian Dinas dipergunakan untuk pengadaan pakaian dinas Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah berikut atributnya;
h. biaya penunjang operasional dipergunakan untuk koordinasi, penanggulangan kerawanan sosial masyarakat, pengamanan dan kegiatan khusus lainnya guna mendukung pelaksanaan tugas Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.
Nah yg saya blom ngerti biaya operasional itu 0,15% dari nilai PAD daerah bersangkutan. Kalo misalkan DKI PAD nya 50T, brati biaya operasionalnya 50.000.000.000.000 x 0,15% = 75 Miliar per tahun. Mohon koreksi bila salah persepsi. Terima Kasih.

Sayamah sebagai orang jawa barat, pengen merasakan dipimpin ku maranehna duaan, jadi akumah menginghinkan udahlah di tahun 2014 mah keduanya jadi presiden dan wapres ajah,,,,,,

Berikut rincian pendapatan Gubernur DKI versi Fitra:
- Gaji pokok gubernur : Rp3 juta
(keppres no 68 tahun 2001)
- Tunjangan jabatan : Rp5,4 juta
(keppers no 59 tahun 2003)
- Total : Rp8,4 juta
APBD DKI tahun 2012
- Anggaran gaji gubernur setahun : Rp17,6 miliar
- Gaji gubernur sebulan : Rp743,4 juta
- Gaji wagub sebulan : Rp741,7 juta
Tunjungan operasional gubernur
PAD DKI 2011 : Rp11,825 trilun
- Tunjangan operasional gubernur (0,15 % PAD) : Rp17, 737 miliar

  1. Pemerintah itu pintar ya,, gaji dibikin kecil, agar bayar PPH nya juga kecil,, cuman dikali 5% karena dibawah 50 jt,, sedangkan tunjangannya nanti dihitung lagi dari nol,, dan dikali dgn persentase PPH ,,, Harusnya kan digabung semua penghasilannya kayak pegawai swasta yg lain,,, biar total incomenya lebih besar,, sehingga PPHnya juga lebih besar karena dikali nya bukan dgn 5% saja,,, tapi ada yg bisa 15%,,25%,, bahkan30% ,,
    Reply
  2. Itu hitungan PPH nya kok 5% flat ya,, ??
    Harusnya kan digabung semua,, dihitung Penghasilan Nettonya,, baru bisa keluar PPH nya berapa,,,
    Contoh Jokowi : 3630000+5130000 = 8760000 x 12 = 105120000 ,,, dikurangi ptkp dll ,, setidaknya diatas 50 jt penghasilan kena pajaknya,,, harusnya dihitung progresif..
    Reply
    • sudah jelas beda formnya satunya gaji dan tunjangan..pertanggung jawabannya jg beda ngak pernah jadi pns sichh..


Para nenek moyang kita yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia tak pernah memikirkan atow meminta imbalan berapa gaji yang akan mereka dapat sebelum terjun ke medan perang, sanggup dan rela mengorbankan nyawa, rela gugur di medan perang demi NKRI, bukan uang bukan gaji dan bukan pula tunjangan tujuan mereka tapi kehormatan dan martabat sebagai seorang yang berbangsa dan bernegara dan kehidupan yang aman sejahtera buat anak cucunya ya kita rasakan hari ini.. Saya yakin para pejuang 45 yang masih hidup sampai hari ini pasti sangat bangga dengan Pak Jokowi & Ahok seorang pemimpin yang berjiwa pahlawan. Hidup Pak Jokowi & Ahok…….. Maju terus. Nggak usah lama2 di DKI Pak, misi lebih besar menunggu di depan yaitu INDONESIA BARU


moga bisa jadi RI1 n RI2.GBU

ane sech udah beberapa kali pemilu selalu GOLPUT tp klu jokowi ahok nyalonin jadi presiden dan wakil presiden ane ikutan pemilu ah dan nyoblos pak Jokowi & Ahok
+1 gan suara dari ane orang bandung

  1. Pak Ahok, bapak WAJIB NONTON Video dukungan paling asoooy ini.
    Ngakak pastinya,,,
    http://www.youtube.com/watch?v=RbnbW4uKVPI
    Reply
  2. Jangan terlena denga capres dan cawapres pak.
    Jakarta aja masih susah di perbaiki, mau se indonesia.
    Jakarta dulu pak buktikan, dengan gaji sgtu kita bisa membangun ibukota lebih baik kaya negara2 tetangga.


point 4 :
1.Sukses kerja untuk merubah birokrasi jaman Dulu dng jaman Baru (pak Ahok)
2.Kerja dng Ihklas dan Penuh Kasih,Mengasahi
3.Penuh dengan Perbedaan,Inovatif,Inovasi,kreaktif Tuk setiap perencanaan kerja, dan
4.Keterbukaan dalam Sistem Kerja PENGAWAI SWASTA KE Sistem Kerja PEGAWAI NEGeRI (PNS)
sukses selalu tuk Pak AHOK ( GOD BLEES Mrs.AHOK and Mrs. JOKOWI )

  1. Maaf pak Ahok, kalau pak Jokowi kan pengusaha meubel jadi wajar beliau pernah bilang tidak akan pakai gajinya.
    Kalau boleh tahu (supaya kami paham), pak Ahok apa ada usaha lain? secara logika total gaji dan tunjangan tidak sesuai dengan kebutuhan hidup di Jkt, termasuk bea pendidikan anak. thanks pak….
    Reply
  2. wah salut buat transparansi dan totalitas dalam pekerjaan Gub dan WaGub Jakarta.
    Tp sekarang pertanyaannya, jika gaji Gub dan WaGub hanya segitu. Gub dan WaGub yg lalu bisa punya rumah dan mobil mewah dari mana asalnya ya? Yah kecuali kalo mereka sudah kaya dari awalnya ya.
    Reply
  3. Asli Wong SOLO
    Tinggal di Tangerang
    Pak Jokowi sebagai gubenur DKI
    Mohon kiranya pegawai WALI KOTA JAKARTA BARAT bagian Pendidikannya di cek ulang Gaji juga Tunjangannya,Mosok saya denger tunjungan pegawai WALI KITA JAKBAR ( say akurang tau bagianya) bisa samapai 20 jt,
    Jujur tetangga saya th 2000 dinas di kelurahan, dan beberapa Th di Kecamatan ,sekrang Dinas di WALikota jakbar.Dlm 2 th ganti mobil 3x dan moil 2 Rumah 3.Motor 5.Apa ya ini masuk akal dgn Tujangan yg 20 jt sebulan plus materi yg begitu gampang didapat.Ini bukan soal sirik atau iri pak..tp demei Bangsa ini..Mohon di cek N ricek bagian Pendidikan.Jujur orangnya di Lingkungan seaka akan paling hebat dan paling kaya,Dan ko orang jawa bilang SOPOSIROSOPO INGSUN.


Maju trus utk pak jokowi n pak ahok … ditunggu untuk duduk dibangku R1 n R2
Semoga sehat selalu

busettttt…gaji segitu di perusahaan lama gw menjabat sebagai public relations dengan kerjaan yg seabrek jg tp kyk nya lbh seabrek pak jokowi ahok –> gw resign krn ngerasa take&give nya gak seimbang haha..
salam sayang buat dua bapak2 ini ^^

6 juta lebih dikit doang…………..
cukup ga ya hidup di jkt……………..
yg jelas gue dukung Jokow dan Ahok
majukan terus JKT.
Pak Jokowi dan Ahok
mau kerja rangkap jadi gubernur banten ?……..
dah pusing nih di Banten gini gini aja.
Reply

  • Dari pada rangkap Gub & Wagub Banten, kenapa gak skalian aja di naikin jadi RI 1 & RI 2 biar semua Provinsi dapat?
    Kan adil broo..


Jika kita lihat kinerja mereka lebih dari pada kita harapkan. begitu juga kedisplinan
, ketekunan dan kejujuran ada pada JB.ternyata gaji mereka jauh tertingal jika di bandingkan dengan Dirut BUMN yg mencapai Rp. 200 jt/bln
Kita hanya dapat men Doakan smoga mereka tetap dalam lindungan TYME.Amin

  1. Halo semua. Sorry. Bukankan gaji pokok itu juga masih ditambah dgn tunjangan jabatan lainnya ? Namun demikian berapapun nilai gajinya, Jokowi dan Ahok layak diapresiasi utk terobosan kepimpinannya yg semakin menginspirasi kaum muda dan etnis minoritas lainnya. Semoga tidak berhenti.
    Reply
  2. Memang gaji Gub?wagub, Bupati/Wabup atau Walikota/Wakil Walikota tidak sebesar yg dibayangkan orang. Tp kita heran koq tak ada Kepala Daerah yg miskin ya? Malah setelah dia tak menjabat lagi biasanya hartanya makin melonjak. Kata orang2 sih itu dr fee proyek dll. Sy yakin pak Jokowi dan Ahok gak akan mau terima fee proyek yg spt itu. Wallahu ‘alam. Tp dng cara pak Ahok yg mau mempublikasi slip gaji yg dia terima aja saya sudah SALUT dan bravo Pak Ahok.
    Reply
  3. Busyet Gaji Segitu pada berebutan jadi Gubernur ya???
    Reply
  4. Buat Bapak Jokowi & Ahok, Pemimpin Seperti Anda Yang layak Memimpin Bangsa Indonesia.
    Walaupun Gaji Anda Minimum, Tpi Kerja Keras Anda Patut Dikasih 2 Jempol.
    Reply
  5. Saya selalu terkesan dengan segala tindakan transparan pak Ahok..sukses pak
    Reply
  6. gajinya Gubernur dan Wakil Gubernur disamakan saja dengan DIRUT BUMN Pertamiun….
    Biar Fair

bapak Ahok yang saya hormati, gaji yang bapa tampilkan itu kan hanya sebatas gaji yang di atur,,
kalau pendapatan dari gubernur maupun wakil gubernur berapa ya pak?
mohon penjelasannnya, terima kasih.
(dipikiran saya, tidak mungkin keluar banyak dana ketika kampayen jika pendapatan hanya sejumlah segitu)
terlebih dahulu saya mohon maaf ya pak..
Reply

Jokowi – Ahok saling melengkapi. yang satu lembut, yang satu tegas, tapi punya satu tujuan. selesai periode nyalon bupati di tempat saya lagi ya pak jokowi-ahok. pasti menang rakyat senang

  1. Tanda tanya besar dan bingung saya. Andai Pak Ahok saja gajinya segitu, bagaimana bawahannya? Terlalu kecil untuk biaya hidup di Jakarta.
    Tidak semua pejabat kan ada usaha sampingan? Berjiwa sosial tinggi?
    Apa benar ini? Siapa yang atur pergajian para pejabat?
    Di ubah saja tuh pergajian para pejabat seperti sistem gaji di perusahaan, semakin berprestasi, semakin besar gajinya.
    Reply
  2. itu masih lebih besar dari pada gaji guru honorer yang hanya 100-300 rb/ bln, pdahal tgasnya sbg pencetak generasi bangsa sangat berat.
    Reply
  3. Jabatan setinggi itu, dicapai dengan susah, ditentang banyak orang, tanggung jawabnya gede, kerjanya repot. Dapet gaji & tunjangan CUMA segitu, kesian..
    Reply
  4. Tiada duanya…transparansi
    Reply
  5. DKI 1 & DKI 2 adalah CONTOH PEMIMPIN TELADAN dgn kinerja sampai dengan saat ini saya anggap BAGUS & BAIK. Apabila ada pihak” yang tidak menyukai kinerja DKI 1 & DKI 2, SUDAH BISA DIPASTIKAN bahwa pihak itulah PENJAHAT KOTOR!!!
    Bpk.Jokowi & Bpk.Ahok saya harap teruslah Bapak berkarya & berikan yang terbaik u/ DKI Jakarta (Smoga nantinya bisa jadi RI 1 & RI 2).
    Perangi PENJAHAT” KOTOR yang merusak Jakarta.
    Semoga Bpk.Jokowi & Bapak Ahok senantiasa diberkati, diberikan kesehatan & Perlindungan o/ Tuhan. Amin.

  1. wah gaji segitu harusnya cocok buat anggota DPR or DPRD aja tuh…
    MAJU TERUS PAK JOKIW DAN PAK AHOK, KAMI SELALU MENDUKUNG DAN MENDOAKANMU. KIRANYA TUHAN YESUS MEMBERIKAN PERLINDUNGAN, KEAMANAN, KESEHATAN DAN HIKMAT BUAT BAPAK2 UNTUK TERUS MEMBANGUN JAKARTA bahkan INDONESIA YANG LEBIH BAIK UNTUK KE DEPANNYA. TERUS MENJADI PANUTAN BUAT PEJABAT2 PEMERINTAH INDONESIA YANG LAINNYA…
    Reply
  2. Ya Tuhan…. Naikkan gaji pak Jokowi dan pak Ahok!!!!
    Reply
  3. pak jokowi dan bapak ahok,bapak2 setelah jakarta beres,pimpin bali ya bapak bapak
    Reply
  4. Pak JOKOWI dan Pak AHOK tolong PKL di jalan Bekasi Barat 3, RW.02, Kel.Rawabunga, Kec.Jatinegara, Jakarta Timur agar secepatnya dipindahkan/direlokasi ketempat yang sesuai dengan peruntukkannya, kami warga RW.02 sudah merasa sangat terganggu. Terima kasih atas perhatiannya, kami tunggu gebrakkannya pak!

  1. Ini nih kelemahan Indonesia. Gaji diicrit-icrit biar keliatan irit. Padahal duid segitu gak cukup buat apapun. Kalau kuat mental dan takut Tuhan. mereka gak akan korupsi. Tapi kalau kepaksa dan harapan setinggi langit saat masuk pemerintahan? Mereka korupsi setinggi langit. Sabet sana sini. Mr Ahok, lanjutkan Mr. Kita dukung 6.000.000%
    Reply
  2. Gaji adalah cerminan dari Prestasi kerja, kalau kerjanya bagus sudah layaknya di pertimbangkan untuk dinaikkan.

  1. Ahok transparan, Jokowi bahkan gak ambil gaji cm tanda tangan doank
    Reply
  2. Kok masih gedean gaji TKI di Hong Kong ?? Semoga Tuhan Memberkati Bapak Berdua Beserta Keluarga !!!
    Reply
  3. gue berani taruhan kalo gaji anggota DPRD shithead itu lebih gede daripada gaji Ahok & Jokowi

  1. Masalah gaji saya kaget ternyata sekecil itu untuk tugas yang tanggung jawabnya begitu besar. Pantas tidak heran kalau begitu banyak kasus korupsi dan kerjanya tidak optimal di pemerintahan.
    Bagaimana bisa fokus membangun negara bila dikepalanya sudah nyut2an mikirin biaya rumah, biaya sekolah anak, dll. Mengabdi ya memang ngabdi tapi semua manusia termasuk gub-wagub juga berhak hidup yang layak lah.
    Sekarang mungkin gub-wagub punya bisnis pribadi sehingga tidak begitu peduli dengan gajinya, tapi bagaimana dengan gub-wagub selanjutnya kalau yang tidak punya bisnis pribadi sendiri?
    Tapi tentunya dengan gaji yang setimpal juga harus diimbangi dengan hukuman yang setimpal pula bila ternyata terbukti nakal.
    Reply
  2. Pertahankan dan tingkatkan terus performance anda pak Ahok dan Juga Pak Jokowi. Saya yakin Bapak berdua akan sukses mempinpin Jkt bila performance ini terus dipertahankan dan ditingkatkan. yang tak kalah penting ketyakinan saya selangkah lagi bapak berdua akan menyamai duet kepemimpinan dwi tunggal Soekarno-Hatta. tetaplah ikhlas, semangat dan teguh serta sejuk dalam memimpin. Rakyat akan iklas pada anda dan Tuhan YME mudah2an akan selalu meridhoi setiap langkah anda.

  1. Lontong x lembaga yg menetapkan gaji untuk jokowi ahok…..woi presiden malu kau,..anggota ko mw dia digaji segitu.
    Reply
  2. Loh? Kalau gaji gubernur cuma segitu, berarti ga jauh jauh gaji pejabat negri dong.
    Tapi kenapa berberapa dari mereka punya hidup mewah? Nabung kah atau apa?

Saya (Pangkalpinang-Babel) Dukung bapak untuk jadi PRESIDEN pak..
Semoga NKRI segera sehat..
SUKSES BUAT JOKOWI-AHOK

Khusus pak Jokowi dan Pak Ahok saya rela melihat kenaikan sepuluh kali lipat pun kalau memang hasil kerjanya seperti saat ini…. sebaliknya gubernur dkk sebelumnya saya tak rela sepeserpun duit gaji masuk kekantongnya, wong yang di tilepnya aja dah ratusan kali bahkan ribuan kali lipat.

  1. Makanya selama ini gue heran kenapa orang rame-rame pengen jadi gubernur, bupati, camat bahkan, padahal gajinya dikit banget
    Setelah lama gue pikirin, eh ternyata banyak uang negara yang bisa mereka keruk dengan jabatan itu,
    Tapi salut dah buat Bapak Jokowi dan Bapak Basuki yang ganteng-ganteng ini, mereka kerja tanpa pamrih
    keliatan banget bedanya sama pejabat yang cuma janji-jani doang
    JKT 1 dan 2, doaku selalu menyertaimu
    Hormat!
    Reply
  2. Upahmu besar di sorga…amin!!

Pengen rasanya BANTEN punya TRANSPARANSI seperti ini. .!!
Banten kaya’a udah di kutuk buat jadi kerajaan..!!

Sudah saatnya Jakarta Raya mengadopsi sistem gaji per-jam, jadi bisa lebih efektif kerjanya, jadi siapapun itu dari kepala sampai tukang sapu juga semangat kerjanya, kalo ga semangat ya ga digaji :) )
Teruskan perjuangan anda pak Jokowi-Ahok berantas maling-maling di DKI Jakarta, di Indonesia insya Allah 2014!! :)

Bagaimana bisa Pak Jokowi & Pak Ahok yg mengelola APBD Jakarta yg nilainya lebih dr Rp 40 Triliun (hitung aja sendiri nolnya :) ), hanya dihargai kurang dr Rp 10 juta / bulan, staff ahli (kalau ada), pasti bayarannya berkali kali lipat bayarannya, mestinya dihargai secara proporsional, layaknya perusahaan swasta yg profesional, semoga Pak Jokowi bersedia dicalonkan menjadi RI 1, sehingga Jakarta sebagai Pilot Project bagi propinsi lain di Indonesia bisa terwujud, amin.

Gajinya mmg benar segitu, ak udah sering kog liat slip gaji pejabat (mulai dari camat, bupati, dll).
SALUT buat Jokowi n Ahok…
Pemilu sebelumnya ak gk pernah ikut, krn capres/cawapresnya gk ada yg bagus, klu utk pemilu nanti ak pst ikut milih…

OMG! gimana bisa nyekolahin anak ke luar negri?? 3jt/bulan..mana tahaaan..?? hebat bener tuh pejabat2 ato DPRD yg punya supir, 5 mobil mewah,5 bini muda, 5 rumah besar di Pd Indah, anak2 sekolah di Singapore, Australia,America..ngembat duit dari mana coba..?? good job Jokowi-Ahok! maju terus pantang mundur we are all wishing you all the best and success for better Indonesia :) )

maju pilgub butuh modal 10-20M. dgn gaji segitu, dlm 5 tahun apa balik modal??? kok FOKE ngotot jd gubernur DKI ya, padahal kan gaji gubernur DKI cuman segitu… Foke kalah, berarti rugi besar dunk?? kl Foke menang, apa bisa balik modal??

  1. moga2 bapak isa jadi presiden
    amiiiiiinnn
    Reply
  2. pantasan pejabat2 yang sebelum2 nya pada tidak kerja…. kerjaanya cuman ngumpulin tender2 yang masuk supaya ada suap yang masuk….. kerjaanya cuman di kantor tanda tangan sekali tanda tangan brapa duit. ohh Tuhan Berkati pak Jokowi dan pak basuki….. buka pintu2 berkat buat mereka Tuhan.

meliat gaji pejabat bapak gubenur bernilai segitu semoga ini bermanfaat dan bisa membuka semua ksadaran mata dan hati masyarakat dan seluruh rakyat indonesia…..terus berjuang pak jokowi dan pak ahok kami trs mendukungmu…..dan kami merasa ini lah 2 sosok yg patut jadi teladan pemimpin dnegeri ini dan kami berharap nanti capres/cawapres 2014 mendatang bapak jokowi-ahok jg bisa dcalonkan thx..

Selamat Pagi Pak Ahok, saya mendapat kabar bahwa disamping gaji diatas, ada beberapa kabar miring bahwa masih ada “uang-uang tambahan” yang mengalir melalui dana-dana “gelap”, mungkin bapak bisa membuat suatu pernyataan terbuka, atau bukti lebih konkrit.
Salam cerah Pak Ahok, No pain No gain

ADUH BPK AMA GAJIKU TKI DI TAIWN lo lmbur kok hmpir sama ya pak,,la tyus kalau npd nyalon hbisnya milyaran,,kpn bliknya itu duit pak,,salut deh buat bpk yg terhormat bpk jokowi dan Ahok,,
berani blak blakan buka gaji pribadi,,
sipp dah pokoknya..
ciayo bpak

luar biasa pak ahok… itu bahasa yg di lontarkan rakyat,… saya warga negara indonesia, ingin sekali melihat pada suatu hari nanti di media massa kalau INDONESIA merupakan 10 dari salah satu negara yang layak di huni di bumi, satu di antara 10 negara yang berpendidikan termaju di dunia, merupakan 10 diantara negara yang mempunyai tata susunan kepemerintahan yang terbagus di dunia,…
saya bangga dengan gubernur dki dan wakil gurbenur dki,… indonesia tidak cukup 2 orang yag bersih untuk memipin indonesia yang berpenduduk 237jta jiwa orang…
mari kita dukung orang bersih seperti pak jokowi dan pak ahok untuk bisa memperjuangkan nasib indonesia,… saya yakin bahwa dengan adanya perubahan yang TEGAS, suatu saat nanti INDONESIA AKAN MENAJADI SALAH SATU NEGARA YANG KUAT DI DUNIA,…
mari kita sama2 melakukan dari mulai di rumah, kantor, dan sekeliling kita, alhasil walaupun kita tidak menikmatinya, setidaknya anak dan cucu kita akan bangga dan merasakan sebagai warga negara indonesia,… agar mereka bisa busungkan dada di luar sana dan berkata KAMI DARI INDONESIA….
terimakasih pak ahok atas perjuanganya,… saya dukung pak Ahok.. semoga kesehatan bapak dan kelurga selalu di lindungi tuhan yang maha esa…

  1. mending jadi pengemis aja pak..
    gaji 25 juta 2 orang per 15 hari…
    Reply
  2. JOKOWI DAN AHOK FOR RI1 DAN R12 2014

bagaimana seseorang politik rela mengorbankan harta ratusan bahkan milyaran rupiah untuk kampanye? sedangkan gaji mereka selama menjabat (5 tahun) tidak akan bisa mengembalikan modal mereka. apa yang sebenarnya mereka inginkan? lalu bagaimana mereka bayar hutang-hutang mereka untuk kampanye?
Reply
  • Itu kan yang keliatan/gaji pokok. Untuk orang antik macam Pak Jokowi dan Pak Ahok, segitu mah udah cukup. Beda sama orang jor-jor an pengen jadi pejabat, gitu udah jadi ya nyari modal buat balik jelas lah. Ga usah pejabat deh, coba tanyain ngapain orang rebutan jadi PNS/Polri? gaji ga seberapa, tapi rela bayar duit ratusan juta biar lulusnya gampang? setali tiga uang, gitu jadi ya pungli. Walaupun derajat punglinya jauh lebih rendah daripada pejabat, he he he he

gaji Gub. + Wagub = Kecil .
wahhhh …
salut ..
tetangga DPR kerjanya cuman maenan hp, bergkat jam 9 pulang jam 1 , dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun udah punya rumah mewah plus mobil mewah wehhh ….
salutt

SALUTTTT BARU TAU GW GAJI GUB DAN WAGUB SEGITU. GEDEAN GAJI CLEANING SERVICE DUNK>>>>TERUSKAN PA PENGORBANANMU

  1. Sukses pak jokowi dan pak ahok,,
    luar biasa , baru kali ini aku melihat gubernur transparan..
    Baru jadi gubernur jakarta sudah banyak perubahan, gi mana ya kalau jadi presiden ??
    pasti indonesia sejahtera dan bisa menjadi negara maju..
    Amin
    Lanjutkan pak jokowi dan ahok
    Reply
  2. GILA BANGET GAJI GUBERNUR N WAGUB CUMAN SEGITU??? TIDAK BERPRIKMANUSIAAN..
    BURUH AJA MINTA GAJI 3,7 JUTA..
    PANTESAN KALO INDONESIA KEBANYAKAN PEJABATNYA PADA KORUP SEMUA..
    semoga pak ahok dan jokowi ga cuman ngurus jakarta aja, semoga bisa naek pangkat untuk ngurusin 1 indonesia…
    MAJU TERUS PAK AHOK DAN JOKOWI…
    KITA AKAN SELALU MENDUKUNGMU!!!!!!!!!!!

  1. Ga sebanding banget ya gajinya… anggota DPR yg kerjanya rapat dan tidur juga foya2 ke luar negeri gajinya puluhan juta… ini gubernur ama wakil gubernur yg kerja keras bangun jakarta taruhan nyawa ngelawan korupsi cuma dikasih gaji segitu doank…
    Reply
  2. itulah yang namanya menjawab Calling mereka masing2, mereka konsisten dgn komitmen mereka utk memimpin Jakarta Baru.. meskipun gaji mereka tak sebanding dgn pengorbanan mereka, menurut ane mereka udah tau yang dibutuhkan skrg itu bukan sekedar uang saja, namun keseriusan dlm pembangunan Jakarta karena mereka tau bahwa “upah” dari Tuhan menanti.. siapa yg membuat kota aman,tentram,unity dan jauh dari kejahatan merekalah yg mendapat berkat berlipat2 kali ganda.. Tuhan Yesus memberkati kalian pa jokowi pa ahok…

  1. ya masih kalah gaji dengan Kepala Factory Manager Plywood Rp.21.000.000,-
    tapi seperti AHok dan JOkowi g mementingkan duit tetapi RAKYAT.
    itu yang di cari….
    Jokowi presiden RI dan Ahok Wakil Presiden.
    Reply
  2. langsung jadi RI 1 dan RI 2 aja ndan

  1. Gaji 6 Juta itu belum termasuk
    - Tunjangan Keluarga
    - Tunjangan Dari pajak daerah
    kalau di total sih per bulan sekitar 120 Jt.. beda sama pegawai biasa yang gajinya murni yg tertera pada slip,,,
    Reply
  2. Terima kasih pak Ahok, berapapun remunerasi pejabat negara sepanjang resmi dan memang hak-nya, sebaiknya tidak menjadi issue. Yang penting adalah kinerja.
    Harapan saya : pak Jokowi bisa dilancarkan jalan oleh Allah menjadi RI 1 dan pak Ahok menjadi DKI 1.
    Reply
  3. Setuju sama Rian, gaji para pemimpin memang kecil tapi tunjangan-tunjanagan lainnya belum dihitung, ntar kalau gajinya besar2 juga bakalan ribut lagi. Biarkan mereka kerja maksimal dulu baru nanti kita pikirkan selanjutnya. Segala fasilitas sudah tersedia hanya mereka saja yang gak mau ambil. Dan juga mereka punya usaha sebelum jadi gubernur atau walikota solo, sudah punya pendapatan yang memadai buat biaya hidupnya bahkan lebih dari cukup, sudah sepantasnya kelebihannya diberikan untuk rakyat terutama rakyat kecil, Kalu buru2 dinaikan jadi RI 1 dan gajinya dinaikkan dulu jadi besar, bagaimana nantinya kalau sudah jadi Presiden. Wah…. bagaimana, dan nantinya pasti ribut lagi. Semoga saja gaji dan failitas yang tidak cukup itu dapat digantikan oleh Tuhan sesuai juga dengan nilai prestasi yang mereka buat.

  1. sebagai seorang muslim, saya turut berterimakasih pada jokowi-ahok,, walaupun tidak diusung oleh partai islam, tapi sudah menurunkan jumlah kemusrikan di negeri ini dengan program promosi jabatan terbuka atau dikenal dengan LELANG JABATAN. dulu orang yang ingin dapat jabatan ia pergi ke dukun, pantai selatan ,gunung kawi, ngalap berkah ke kuburan dll untuk mendapatkan pengasihan meluluhkan hati atasanya supaya dinaikkan jabatanya. bahkan katanya ada yang rela memberikan kehormatannya supaya jabatannya naik. ini adalah syirik akbar dan fahsya’. sekarang dengan adanya promosi terbuka untuk dapat jabatan orang harus belajar, mencari ilmu dan meningkatkan profesionalisme dan kapabilitas
    Reply
  2. Inilah generasi yg patut kita ikuti dan teladani, saya yakin pasti banyak dari pejabat yg benci dengan keterbukaan Jokowi-Ahok. Tetapi jangan salah, yg sayang dan cinta jauh dan jauh lebih banyak. Sudah banyak masyarakat yg pandai, yg bodoh hanya mereka yg mikirin perut mereka sendiri. Minta gaji tinggi, tanpa diiringi sebuah prestasi. Pejabat yang mikirin apa yg dia dapat,bukan apa yg bisa didapat oleh negara dan rakyatnya. Adalagi yang lucu, namanya juga UMK, upah yang dihitung untuk satu org saja, kalo mau lebih, “Kerja + “. Tapi saya yakin perbuatan sekecil apapun, baik ataupun buruk, akan mendapat balasan yg setimpal dari-NYA. (Apalagi perbuatan yg besar). “Maju Indonesiaku, Maju Terus Jokowi-Ahok”

wah pak..menurut saya gaji segitu kok terlalu kecil sebagai seorang gubernur dan wakil gubernur ya….
gak sebanding dengan kinerja yang sudah dilakukan dan serangan politik yang aneh2 dan mengada ada itu…
kalo dengan gaji segitu dengan dana kampanye yang milyaran secara umum gubernur2 sebelumnya, patut dicurigai apa sebenarnya yang mereka kejar…palingan dana tanda tangan proyek proyek mafia…
pesan saya tolong bantu benahi INDONESIA kita ini mulai dari ibukotanya pak..selesaikan sampai tuntas untuk membuktikan kepada wilayah lain JAKARTA saja bisa, apalagi daerah2 kecil…
terima kasih pak..

memang yg namanya pejabat bukan penguasaha ataupun pedagang yg selalu bicara soal “kangtau” dan mencari sampingan yg akhirnya korupsi.tetapi bicara soal pelayanan kepada masyarakat dan tanggungjawab.tolong siapa saja yg mengatur soal gaji pejabat setara gubernur dn wakilnya mohon memperbaiki sistem gaji tidak sepadan dg pekerjaan dan tanggung jawab yg besar.contoh saja negara singapur dalam memberi gaji kepada pejabat dan pelayan masyarakat.bagaimana tidak jadi pencuri buat para pejabat yg kurang iman.keep fighting to jokowi n ahok Gbu all^^

  1. kalo murni,, ini mah gajinya PNS level kasie gol III-D (Dinas) di DKI Jakarta
    Reply
  2. HADEUH .. GAJI KECIL AMAT ,KERJA BAKTI BRO!!!UPAH BESAR DI AKHIRAT LAH …WKWKWKWK

  1. Wah, Kalau yang ini kayaknya ane protesss.
    Manager Pabrik saja diatas 12 Jt, Cuma ngurusin Pabrik secuil bro!
    ini ngurusin kota DKI, Ibu Kota Negara Bos.
    Bos – Bos Di Gedung DPR, Saya ini orang bodoh, ngak bisa menghitung. tapi gaji Kepala daerah spt itu, kayaknya gimana gitu
    Ini Salah satu Pemicu Korupsi.
    Salut Buat Bung Ahok
    Reply
  2. dari jaman orde baru dulu memang dibuat gaji pokok dan tunjangan sangat kecil (utk ukuran pejabat)
    biar ada alasan utk korupsi (mencukupi kbthn hidup).
    itu untuk gaji bbrp pembantu di rumahnyapun kurang.

  1. Kapan yach Depok punya walikota dan wakil walikota seperti dki jakarta…:)
    Reply
  2. mantab…..semua kota ingin di wakili sepeti bapak.

  1. salut pak.
    Namanya pengabdian itu memang bukan harus brp jumlah yang diterima. Tidak digajipun namanya pengabdian ya seperti itu. Sama seperti anggota Dewan di era Sukarno. Tidak digaji sama sekali dan itu pengabdian sejati.
    Reply
  2. aduh.. mengapa banyak yg ribut soal tunjangan ketika perincian tunjangan juga diposting sama om ahok

si kumis gmn kabarnya ya.. kerja apa dia sekarang kangen juga..
Reply
  • hahaha…
    si kumis ude jadi dubes de kayanya…
    ga tau jg itu knp bs jd dubes.
    sibeye curiga gw..
    omong omong..
    gw mau nuntut agar gaji ni orang bedua di naikin. maksimal 10x lipet (realistis)
    alasannya :
    1.krn mereka mau nunjukin slip gajinya
    2.agar mrk konsen ngurus jakarta (ga mikirin dapur ngebul apa kaga)
    3.agar ga ada alesan ni orang bdua buat korupsi.
    4.agar besok2 gw bs nuntut ni orang bdua, kalau2 gw masih susah ngurus ktp,akta kawin/lahir, banjir, macet dstdlsb.alasannya gaji gw da dipotong buat gedein gaji loe, knp hidup gw masih susah??
    logis ga tuntutan gw?
    aslinya… gw ikhlas ga ikhlas gaji gw dipotong pajak,
    kalau bener dipertanggungjawabin kaya jokohok begini.,
  • Sumpah Demi Tuhan ikhlas gaji gw dipotong pajak!
ada yg salah dgn sistim/struktur penggajian aparatur negara..pantesan byk yg korup cari sampingan
Kl dibandingin sama swasta, Kepala Wilayah DKI atau Region Manager gajinya aja uda dua digit (bisa di cek di salary survey) lha ini yang mengelola administratif dan kebijakan utk hajat hidup org banyak..Gubernur/Kepala daerah dan wakil gajinya kalah sama staf marketing biasa
Udah rombak total struktur penggajian aparatur negara, buat gaji mrk layak dan pantas dgn biaya hidup masa kini…begitu ketauan korup..SIKATT!! jeblosin penjara dan buat miskin sita harta2nya

saya pengagum anda pa ahok,,,walaupaun saya bukan warga anda di jakarta melainkan warga kalsel.,
saya salut sama anda tak seperti pejabat yg lainnya yg cuma omdo .
kalo sampaian menjadi capres,saya sumpah akan memilih anda ..itu janji saya .
terus berjuang pa ahok,,

yup… mang kalo gaji kecil… tp liat ini… totalnya adalah Gaji Gubernur DKI Rp751 Juta Per Bulan
jadi mang harus bener2 kerja… karena total gaji nya engga sekecil itu.!!


Ini serius yak, gaji nya segitu ?
wow…
Reply
  • iya itu beneran gajinya segitu udah diatur undang undang. Walaupun tunjangan operasional gubernur dan wakil bisa sampe ratusan juta perbulan, tapi pak ahok gak pernah make uang tunjangan se-sen pun untuk pribadinya. Semua dipakai untuk mesyarakat seperti bayarin uang sekolah anak sekolah yang raportnya masih ditahan karena gak bisa bayar, pokoknya dihabisin demi rakyat jakarta. Ada buktinya juga semua transaksi itu.
    kan udah dibilang kalo saat ahok menjabat bupati dulu kekayaannya malah turun, beda dengan bupati lainnya yg justru melambung gendut.
yakin pak ahok, jika anda benar rakyat akan berjuang di belakang anda, jangan takut terhadap semua cobaan (FPI, Taufik DPRD, dan gubernur tandingan) saya yakin rayat lebih tau siapa yang layak memimpin jakarta…maju terus…rakyat di belakang mu

ORANG KAYAK PAK AHOK KAGAK PANTES JADI GUBERNUR APALAGI BUPATI… PANTESNYA JADI PRESIDEN
Reply

Tanpa digaji pun, saya yakin Pak Jokowi dan Pak Ahok tetap akan berjuang untuk Rakyat.
Mereka itu orang2 yg sudah berkecukupan.
Ingat Pak, ada Pahala dari Allah yg lebih mulia untuk kalian berdua.
Pimpin lah kami dengan baik menuju Indonesia yang Kuat dan berdaulat.
Indonesia yang tidak lagi ada pengemis-pengemis di pinggir jalan.
Salut buat Pak Ahok & Pak Jokowi..

Kalo sy sih gaq bego2 amat ya….
Slip gaji emang segitu…. tp diluar gaji…meneketehe.
lha wong dia sendiri pernah bilang di TV kalo THP nya 1M lebih/ tahun utuk jabatan wagub DKI.
Upload slip gaji maksudnya sih mau transparant… tp mau ngibulin rakyat juga.
Ahok ga sebodoh itu lho…
Reply
denger tu soi yg “gag bego2amat”..
yg katanya AHOK ngibulin..
tp koq ngibul ya klo soni sendiri nonton tipi pas AHOK ber”transparant”..?
mari soni qta sama2 bingung..

masa sih, gaji gub n wagub kecil bargitu …
kalah sama exsekutif manager yg ampe 15 jutaan …
atau masih ada tambahan lain ??

HIDUP PAK AHOK, JANGAN MUNDUR DALAM MENGHADAPI PARA MAFIA ANGGARAN KHUSUSNYA DI PEMDA DKI. PAK AHOK TELAH BERADA DIJALUR YANG BENAR DALAM RANGKA MEREFORMASI MENTAL PARA WAKIL RAKYAT, PEJABAT DAN BIROKRASI DIPEMDA DKI. WAKIL RAKYAT YANG BIASA MEMPERMAINKAN ANGGARAN SEPANTASNYA DI HUKUM SEBERAT-BERATNYA, MEREKA TELAH MENCURI HAK-HAK RAKYAT YANG BERAKIBAT TERHAMBATNYA PEMBANGUNAN DAN PENDERITAAN.PAK AHOK….AKAN DIKENANG RAKYAT, SEBAGAI PEJUANG ANTI KORUPSI.

  1. Kalau anggota DPR brani ga ya”
    slip gajinya di liatkan kaya gitu.
    palingan di edit dulu pake potosoft baru dipajang.
    Reply
  2. Kalau bisa dikirim dong”, pemimpin2 seperti pak Ahok jadi gubernur kaltim.
    pejabat2 di kaltim banyak korubnya. sumberdaya alam melimpah, tapi rakyat cuma bisa jadi penonton.
    kehidupan pejabat, trutama anggota DPRD gaya hidupnya mewah bergaya Selebrity.
    proyek pembangunan bisa diperjual belikan dengan uang, Jbu pak ahok! trus brantas korupsi.

  1. Mnrt Pak Ahok di Kick Andi etro TV bbrp waktu yg lalu. Take home pay Pak Ahok sekitar 1.8 Milyar/tahun ( 150juta/bln). Mnrt Ahok gaji sebesar ini lumayan utk hidup
    Reply
  2. Jadi gaji Pak Ahok sktr Rp 150 juta/bulan. Sementara kalau lihat slip gajinya hanya 6 juta/bln (ini hanya gaji pokok), belum tunjangan2 lainnya. Saran saya ke Admin Ahok.org sebaiknya diterangkan juga take home pay yg diterima Gubernur Rp 150 juta/bulan. Not too bad. Belum lagi ada tambahan dari yg lain. Spy tdk ada image bhw sbg Gubernur hanya terima 6jt/bln. Siapa yg mau jadi Gubernur?

  1. ORANG KAYAK PAK AHOK KAGAK PANTES JADI GUBERNUR APALAGI BUPATI… PANTESNYA JADI PRESIDEN
    Reply
  2. Semoga beliau selalu sehat,, sosok pemimpin yang bisa memajukan Indonesia tercinta.

sumber:
http://ahok.org/berita/news/jumlah-gaji-gubernur-dan-wagub-bulan-februari-2013/


Nama : Ir Basuki Tjahaja Purnama, MM
Tempat lahir : Manggar, Belitung Timur
Tanggal lahir : 29 Juni 1966
Agama : Kristen Protestan
Nama Istri : Veronica, ST
Nama anak pertama : Nicholas
Nama anak kedua : Nathania
Nama anak ketiga : Daud Albeenner
Nama bapak : Indra Tjahaja Purnama (Alm)
Nama ibu : Buniarti Ningsih
PERJALANAN AWAL
Basuki T Purnama  (BTP) yang akrab dipanggil Ahok lahir di Gantung, desa Laskar Pelangi, Belitung Timur.
Ia melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMU) dan perguruan tinggi di Jakarta dengan memilih Fakultas Teknologi Mineral jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti.
Setelah menamatkan pendidikannya dan mendapat gelar Sarjana Teknik Geologi (Insiyur geologi) pada tahun 1989, Basuki pulang kampung–menetap di Belitung dan mendirikan perusahaan CV Panda yang bergerak dibidang kontraktor pertambangan PT Timah.
Menggeluti dunia kontraktor selama dua tahun, Basuki menyadari betul hal ini tidak akan mampu mewujudkan visi pembangunan yang ia miliki, karena untuk menjadi pengelolah mineral selain diperlukan modal (investor) juga dibutuhkan manajemen yang profesional.
Untuk itu Basuki memutuskan kuliah S-2 dan mengambil bidang manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta. Mendapat gelar Master in Bussiness Administrasi (MBA) atau Magister Manajemen (MM) membawa Basuki diterima kerja di PT Simaxindo Primadaya di Jakarta, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor pembangunan pembangkit listrik sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan proyek. Karena ingin konsentrasi pekerjaan di Belitung, pada tahun 1995 Basuki memutuskan untuk berhenti bekerja dan pulang ke kampung halamannya.
Perlu diketahui, tahun 1992 Basuki mendirikan PT Nurindra Ekapersada sebagai persiapan membangun pabrik Gravel Pack Sand (GPS) pada tahun 1995. Bagi Basuki, pabrik yang berlokasi di Dusun Burung Mandi, Desa mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur ini diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagaimana mensejahterakan stakeholder (pemegang saham, karyawan, dan rakyat) dan juga diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi Pendapatan Asli Daerah Belitung Timur dengan memberdayakan sumber daya mineral yang terbatas. Di sisi lain diyakini PT Nurindra Ekapersada memikili visi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh.
Berangkat dari visi seperti itulah pada tahun 1994, Basuki didukung oleh seorang tokoh pejuang kemerdekaan Bapak alm Wasidewo untuk memulai pembangunan pabrik pengolahan pasir kwarsa pertama di Pulau Belitung dengan memamfaatkan teknologi Amerika dan Jerman. Pembangunan pabrik ini diharapkan juga memberikan harapan besar menjadi cikal bakal tumbuhnya suatu kawasan industri dan pelabuhan samudra dengan nama KIAK (Kawasan Industri Air Kelik).
KIPRAH POLITIK
Sebagai pengusaha di tahun 1995 ia mengalami sendiri pahitnya berhadapan dengan  politik dan birokrasi yang korup. Pabriknya ditutup karena ia melawan kesewenang-wenangan pejabat. Sempat terpikir olehnya untuk hijrah dari Indonesia ke luar negeri, tetapi keinginan itu ditolak oleh sang ayah yang mengatakan bahwa satu hari rakyat akan memilih Ahok untuk memperjuangkan nasib mereka.
Dikenal sebagai keluarga yang dermawan di kampungnya, sang ayah yang dikenal dengan nama Kim Nam, memberikan ilustrasi kepada Ahok. Jika seseorang ingin membagikan uang 1 milyar kepada rakyat masing-masing 500 ribu rupiah, ini hanya akan cukup dibagi untuk  2000 orang. Tetapi jika uang tersebut digunakan untuk berpolitik, bayangkan jumlah uang di APBD yang bisa dikuasai untuk kepentingan rakyat. APBD kabupaten Belitung Timur saja mencapai 200 milyar di tahun 2005.
Bermodal keyakinan bahwa orang miskin jangan lawan orang kaya dan orang kaya jangan lawan pejabat (Kong Hu Cu), keinginan untuk membantu rakyat kecil di kampungnya, dan juga kefrustasian yang mendalam terhadap kesemena-menaan pejabat yang ia alami sendiri, Ahok memutuskan untuk masuk ke politik di tahun 2003.
Pertama-tama ia bergabung dibawah bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang saat itu dipimpin oleh Dr. Sjahrir. Pada pemilu 2004 ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Dengan keuangan yang sangat terbatas dan model kampanye yang lain dari yang lain, yaitu menolak memberikan uang kepada rakyat,  ia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009.
Selama di DPRD ia berhasil menunjukan integritasnya dengan menolak ikut dalam praktik KKN, menolak mengambil uang SPPD fiktif, dan menjadi dikenal masyarakat karena ia satu-satunya anggota DPRD yang berani secara langsung dan sering bertemu dengan masyarakat untuk mendengar keluhan mereka sementara anggota DPRD lain lebih sering “mangkir”.
Setelah 7 bulan menjadi DPRD, muncul banyak dukungan dari rakyat yang mendorong Ahok menjadi bupati. Maju sebagai calon Bupati Belitung Timur di tahun 2005, Ahok mempertahankan cara kampanyenya, yaitu dengan mengajar dan melayani langsung rakyat dengan memberikan nomor telfon genggamnya yang juga adalah nomor yang dipakai untuk berkomunikasi dengan keluarganya. Dengan cara ini ia mampu mengerti dan merasakan langsung situasi dan kebutuhan rakyat. Dengan cara kampanye yang tidak “tradisional” ini, yaitu tanpa politik uang, ia secara mengejutkan berhasil mengantongi suara 37,13 persen dan menjadi Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Padahal Belitung Timur dikenal sebagai daerah basis Masyumi, yang juga adalah kampung dari Yusril Ihza Mahendra.
Bermodalkan pengalamannya sebagai pengusaha dan juga anggota DPRD yang mengerti betul sistem keuangan dan budaya birokrasi yang ada, dalam waktu singkat sebagai Bupati ia mampu melaksanakan pelayanan kesehatan gratis, sekolah gratis sampai tingkat SMA, pengaspalan jalan sampai ke pelosok-pelosok daerah, dan perbaikan pelayanan publik lainya. Prinsipnya sederhana: jika kepala lurus, bawahan tidak berani tidak lurus. Selama menjadi bupati ia dikenal sebagai sosok yang anti sogokan baik di kalangan lawan politik, pengusaha, maupun rakyat kecil. Ia memotong semua biaya pembangunan yang melibatkan kontraktor sampai 20 persen.  Dengan demikian ia memiliki banyak kelebihan anggaran untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat.
Kesuksesan ini terdengar ke seluruh Bangka Belitung dan mulailah muncul suara-suara untuk mendorong Ahok maju sebagai Gubernur di tahun 2007. Kesuksesannya di Belitung Timur tercermin dalam pemilihan Gubernur Babel ketika 63 persen pemilih di Belitung Timur memilih Ahok. Namun sayang, karena banyaknya manipulasi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, ia gagal menjadi Gubernur Babel.
Dalam pemilu legislative 2009 ia maju sebagai caleg dari Golkar. Meski awalnya ditempatkan pada nomor urut keempat dalam daftar caleg (padahal di Babel hanya tersedia 3 kursi), ia berhasil mendapatkan suara terbanyak dan memperoleh kursi DPR berkat perubahan sistem pembagian kursi dari nomor urut menjadi suara terbanyak.
Selama di DPR, ia duduk di komisi II. Ia dikenal oleh kawan dan lawan sebagai figur yang apa adanya, vokal, dan mudah diakses oleh masyarakat banyak. Lewat kiprahnya di DPR ia menciptakan standard baru bagi anggota-anggota DPR lain dalam anti-korupsi, transparansi dan profesionalisme. Ia bisa dikatakan sebagai pioner dalam pelaporan aktivitas kerja DPR baik dalam proses pembahasan undang-undang maupun dalam berbagai kunjungan kerja. Semua laporan bisa diakses melalui websitenya. Sementara itu, staf ahlinya bukan hanya sekedar bekerja menyediakan materi undang-undang tetapi juga secara aktif mengumpulkan informasi dan mengadvokasi kebutuhan masyarakat. Saat ini, salah satu hal fundamental yang ia sedang perjuangkan adalah bagaimana memperbaiki sistem rekrutmen kandidat kepala daerah untuk mencegah koruptor masuk dalam persaingan pemilukada dan membuka peluang bagi individu-individu idealis untuk masuk merebut kepemimpinan di daerah.
Ahok berkeyakinan bahwa perubahan di Indonesia bergantung pada apakah individu-individu idealis berani masuk ke politik dan ketika di dalam berani mempertahankan integritasnya. Baginya, di alam demokrasi, yang baik dan yang jahat memiliki peluang yang sama untuk merebut kepemimpinan politik. Jika individu-individu idealis tidak berani masuk, tidak aneh kalau sampai hari ini politik dan birokrasi Indonesia masih sangat korup. Oleh karena itu ia berharap model berpolitik yang ia sudah jalankan bisa dijadikan contoh oleh rekan-rekan idealis lain untuk masuk dan berjuang dalam politik.  Sampai hari ini ia masih terus berkeliling bertemu dengan masyarakat untuk menyampaikan pesan ini dan pentingnya memiliki pemimpin yang bersih, transparan, dan profesional.
Di tahun 2006, Ahok dinobatkan oleh Majalah TEMPO sebagai salah satu dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Di tahun 2007 ia dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari penyelenggara negara oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terdiri dari KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Masyarakat Transparansi Indonesia. Melihat kiprahnya, kita bisa mengatakan bahwa berpolitik ala Ahok adalah berpolitik atas dasar nilai pelayanan, ketulusan, kejujuran, dan pengorbanan; bukan politik instan yang sarat pencitraan.
Tahun 2012 nama Ahok kian mencuat karena dipilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta yang diusung PDI-P dan Gerindra, setelah melalui dua tahap Pemilukada, akhirnya pasangan Jokowi-Basuki ditetapkan sebagai pemenang dan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017  pada 15 Oktober 2012.
BERIKUT CURRICULUM VITAE BASUKI T.  PURNAMA
Hubungi Saya
E-Mail : btp@ahok.org
No HP : 0811 944 728

sumber: http://ahok.org/tentang-ahok/siapa-ahok/



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...