Monday, October 24, 2016

Renungan Natal : ASAL-USUL DOSA DAN PENEBUSAN

Renungan Natal : ASAL-USUL DOSA DAN PENEBUSAN

Peristiwa ini berlangsung di Sorga

Berdasarkan Kitab Suci Alkitab, kita mengenal ada 3 pemimpin Malaikat di Sorga, yaitu Michael sebagai malaikat perang, Gabriel sebagai pembawa pesan Tuhan, dan Heylel yang disebut Lucifer dalam Alkitab Vulgata dan KJV. Menurut Yes 14:11, ia bertugas memimpin Pujian dan Penyembahan.
Kita tahu bahwa malaikat diciptakan dalam rupa roh, dan dalam pengetahuan akan kekekalan. Resiko terbesar dari sebuah pemberontakan oleh malaikat ialah kebinasaan kekal.
======================================================
lucifer
lucifer
Jika kita membaca secara teliti, kita akan menjumpai bahwa pemberontakan Heylel di Sorga merupakan sebuah “hal yang sudah direncanakan”.
“Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi! Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur. ~Yes 14:12-15
Jadi dosa atau pemberontakan pertama terjadi di Sorga (Wahyu 12:7-9). Dan dosa pertama itu adalah dosa kesombongan!
======================================================
Heylel dilemparkan ke bumi. Itulah sebabnya kitab Kejadian menuliskan pada mulanya kegelapan menutupi bumi.
Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya. Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya. ~ Yehezkiel 28:16-17
======================================================
Setelah kejatuhan itu, Tuhan menciptakan “ciptaan yang lebih tinggi dari malaikat”, yaitu mahluk yang merupakan “gambaranNya sendiri”. Ya, mereka itulah manusia. Namun, lagi-lagi kejatuhan terjadi. Manusia itu jatuh dalam dosa.
Sejak Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, setiap keturunan mereka akan mewarisi “kecacatan” mereka, yang menyebabkan keterpisahan yang kekal antara Allah dan manusia.
======================================================
Untuk memulihkan hubungan ini, tidak ada cara lain selain melakukan penebusan. Permasalahannya ialah, manusia yang berdosa hanya bisa ditebus oleh pribadi yang tidak berdosa. Yang layak menebus hanyalah Tuhan sendiri, karena Ia tidak berdosa. Mengapa bukan malaikat? Jelas, karena malaikat adalah ciptaan, dan mereka lebih rendah dari manusia.
Rencana kekal ini Tuhan sudah siapkan dalam kekekalan.
whose names have not been written in the Book of Life of the Lamb “slain” from the “foundation of the world”. ~Wahyu 13:8b KJV
Ia menggambarkannya dalam wujud pakaian dari kulit binatang yang Ia berikan kepada Adam dan Hawa sebagai pakaian. Hewan yang Ia sembelih itu ialah domba yang sejak semula sudah ada dalam kekekalan. Domba yang tidak diciptakan, dan tidak lahir dari hubungan manusia. Dialah Yesus anak Domba Allah.
======================================================
Hanya Yesuslah yang sudah ada dalam kekekalan, hanya Yesuslah yang tidak diciptakan, dan Ia tidak lahir dari hubungan manusia, sehingga Ia tidak membawa dosa turunan. Ia dikandung oleh Roh Kudus, hanya Ia yang suci, dan layak dikorbankan untuk menebus dosa manusia.
Tidak ada satu hal pun yang bisa kita perbuat untuk menyelamatkan diri kita. Agama tidak akan pernah menyelamatkan, justru karena agamalah, perpecahan dan konflik terjadi. Perbuatan baik pun tidak akan bisa menyelamatkan, karena kesalehan menurut Alkitab seperti kain kotor di hadapan Tuhan. Uang, harta, dan jabatan tidak akan bisa membawa kita lebih dekat dengan Sorga.
======================================================
Natal  memberikan kita pengertian bahwa kelahiranNya merupakan isyarat bahwa kita tidak mampu menyelamatkan diri kita. Itulah sebabnya Ia datang ke dalam dunia.
======================================================
jesus died cross
jesus died cross
Tidak ada satupun yang kita bisa bisa banggakan dalam dunia ini. Semuanya karena kasih karunia Tuhan semata.
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu : jangan ada orang yang memegahkan diri. ~Ef 2:8-9
Bukan hanya itu, Ia berjanji “menjamin” keselamatan yang Ia kerjakan.
dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka “pasti” tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. ~Yohanes 10:28
Tidak berhenti sampai di situ, Ia yang menjamin kita, berjanji akan menjemput kita, saat Ia datang kembali nanti. Haleluya!!
Ini alasan mengapa kita yakin keselamatan hanya ada dalam Yesus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...